Perang Rusia Ukraina Bikin Ratusan Hewan di Kebun Binatang Kiev Stres

Senin, 07 Maret 2022 - 11:52 WIB
loading...
Perang Rusia Ukraina Bikin Ratusan Hewan di Kebun Binatang Kiev Stres
Perang Rusia dan Ukraina yang terus berkecamuk ternyata bikin ratusan spesies hewan di Kebun Binatang Kiev stres. Foto/Twitter/Foxnews
A A A
KIEV - Perang Rusia dan Ukraina yang terus berkecamuk ternyata bikin ratusan spesies hewan di Kebun Binatang Kiev stres. Bahkan staf dan pekerja kebun binatang harus kerja keras memindahkan ratusan satwa setiap malam ke tempat yang aman agar tidak terkena peluru nyasar.

Kebun Binatang Kiev memiliki areal seluas 99 hektare dan pada 21 Maret 2022 genap berusia 112 tahun. Saat ini kebun binatang terluas di Ukraina ini merupakan rumah bagi 200 spesies dan hampir 4.000 hewan, termasuk singa, harimau, beruang, gajah, gorila, dan zebra.

Masih ada sekitar 50 staf dan pegawai kebun binatang bertahan untuk merawat ratusan satwa agar tetap aman. Apalagi setelah perang yang berlangsung hampir 2 minggu ini membuat sejumlah satwa stres karena mendengar suara ledakan dan desingan roket yang bisa terjadi kapan saja.

"(Perang) Ini membuat stres bagi hewan," kata Kirill Trentin, Direktur Kebun Binatang Kiev kepada Reuters yang dikutip SINDOnews dari laman Foxnews, Senin (7/3/2022).



Trentin menuturkan, setiap hari selama perang sekitar 50 pegawai kebun binatang Kiev yang terdiri dari penjaga kebun binatang dan dokter hewan tetap merawat dan menjaga hewan yang ada. Beberapa hewan telah dipindahkan ke kandang dalam ruangan dan galeri bawah tanah agar tetap selamat.
Perang Rusia Ukraina Bikin Ratusan Hewan di Kebun Binatang Kiev Stres


Para pekerja kebun binatang dan keluarganya memiliki akses ke tempat perlindungan bom dan pasokan makanan, air serta listrik untuk saat ini masih tersedia. Trentin dan staf di Kebun Binatang Kiev menggambarkan diri mereka sebagai “komune kebun binatang militer”.

"Sepanjang hari kami bekerja dengan hewan dan pada malam hari kami bersembunyi di tempat penampungan karena ada serangan. Dan keesokan paginya, kami harus melihat apakah ada yang terluka. Sejauh ini tidak ada tanda-tanda cedera dan tidak ada yang meninggal," kata Trantin.

Kebun binatang dan cagar alam harus mengevakuasi hewan dan staf saat perang memanas. Singa, harimau, caracal, dan seekor anjing liar Afrika dievakuasi dari suaka penyelamatan hewan Ukraina ke Zoo Pozna di Polandia.


Perang Rusia Ukraina Bikin Ratusan Hewan di Kebun Binatang Kiev Stres


Dalam posting Facebook yang diberi judul "hari-hari perang di kebun binatang" pada Sabtu 5 Maret 2022 para staf Kebun Binatang Kiev menceritakan kondisi mereka di tengah perang yang bergolak. "Kehidupan kebun binatang adalah proses kerja sehari-hari: memberi makan, memoles, membersihkan, memperbaiki, memuat, mencuci, dan banyak lagi. Dan kita tahu bahwa hidup akan menang!"
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6029 seconds (0.1#10.140)