Hilang Selama 1 Abad, Kapal Legendaris Shackleton Akhirnya Ditemukan

Kamis, 10 Maret 2022 - 10:49 WIB
loading...
Hilang Selama 1 Abad, Kapal Legendaris Shackleton Akhirnya Ditemukan
Bangkai kapal Shackleton akhirnya ditemukan. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Para peneliti menemukan bangkai kapal penjelajah Ernest Shackleton, Endurance, yang masih dalam keadaan baik, di kedalaman 10.000 kaki air es setelah satu abad menghilang. Kapal ini menghilang setelah ditelan es Antartika selama ekspedisi dan terbukti menjadi salah satu ekspedisi paling heroik dalam sejarah.

Tim arkeolog kelautan menggunakan kapal pemecah es dan drone bawah air untuk menemukan bangkai kapal di dasar Laut Weddell, dekat Semenanjung Antartika.



Ekspedisi pencarian Endurance22 dari Falklands Maritime Heritage Trust mengumumkan penemuan tersebut pada hari Rabu.

Gambar dan video bangkai kapal menunjukkan kapal kayu bertiang tiga dalam kondisi bersih, dengan tulisan berdaun emas bertuliskan "Ketahanan" masih ditempelkan di buritan dan helm kayu kapal yang dipernis masih berdiri tegak, seolah-olah kapten dapat kembali untuk mengarahkannya.

"Ini adalah kapal karam kayu terbaik yang pernah saya lihat," kata Mensun Bound, direktur eksplorasi seperti dikutip laman Kob4 pada Kamis (10/3/2022).

Bound mencatat bahwa bangkai kapal itu masih tegak, bersih dari dasar laut "dan dalam kondisi pelestarian yang cemerlang."

Penemuan ini adalah "penemuan raksasa" di "salah satu lingkungan paling menantang di dunia," kata sejarawan maritim Steven Schwankert, yang tidak terlibat dalam ekspedisi.

Kombinasi perairan yang dalam dan gelap, tidak ada sinar matahari yang menembus 10.000 kaki, suhu dingin dan es laut telah menggagalkan upaya masa lalu untuk menemukan Ketahanan, tetapi juga menjelaskan mengapa bangkai kapal dalam kondisi baik hari ini.

Dasar Laut Weddell adalah "lingkungan yang sangat tidak ramah untuk hampir semua hal - terutama jenis bakteri, tungau, dan cacing pemakan kayu yang akan menikmati mengunyah bangkai kapal kayu," kata Schwankert.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2542 seconds (0.1#10.140)