Penyebab Hiu Megalodon Punah, Ini Fakta-faktanya

Jum'at, 11 Maret 2022 - 17:27 WIB
loading...
Penyebab Hiu Megalodon Punah, Ini Fakta-faktanya
Hiu megalodon adalah salah satu makhluk purba yang dikenal sebagai penguasa lautan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Hiu megalodon adalah salah satu makhluk purba yang dikenal sebagai penguasa lautan. Hiu urba yang hidup sekitar 23 juta tahun yang lalu ini memiliki gigitan terkuat di dunia melebihi gigitan Tyrex.

Dilansir dari A-Z Animals, sebagian besar ahli percaya bahwa kepunahan hiu megalodon disebabkan karena perubahan iklim yang membuat habitat mereka menjadi jauh lebih dingin. Hal ini yang kemungkinan besar mempengaruhi situasi kehidupan mereka.

Perubahan iklim ini mungkin juga menyebabkan ikan lain di laut mati, yang kemudian berdampak pada megalodon dan sumber makanannya. Dengan hampir tidak ada makanan dan tidak ada tempat untuk pergi, makhluk besar ini akhirnya mati.

Sementara megalodon sekarang sudah punah, hiu tertentu yang ada saat ini mungkin berasal dari pohon keluarga yang sama, atau bisa saja berevolusi dari megalodon.



Alasan lain megalodon bisa punah adalah Supernova. Pada tahun 2018 jurnal Astrobiology menyatakan bahwa megalodon punah dari sumber yang paling tidak terduga. Astrobiologi menyajikan data bahwa supernova ini membunuh 1/3 mamalia laut besar dunia.

Radioaktif dari supernova menyebabkan risiko kanker yang lebih tinggi secara dramatis pada hewan yang lebih besar, termasuk hiu megalodon.

Dilansir dari A-Z Animals, berikut fakta-fakta hiu megalodon yang sudah punah:

1. Bayi Megalodon Sudah Kanibal Sejak di Kandungan

Bayi hiu megalodon terlahir berukuran besar dengan ukuran 6,6 kaki atau sekitar 2 meter. Karena ukurannya yang sangat besar, para ahli menyimpulkan bahwa mungkin saja bayi megalodon memakan saudara kandungnya atau kanibal saat masih dalam kandungan.

Begitu mereka memakan saudara kandung mereka, bayi yang tersisa akan memiliki cukup ruang untuk tumbuh saat masih di dalam kandungan. Kemudian, ketika mereka akhirnya lahir, mereka akan menjadi dua meter dan sudah menjadi predator besar.

2. Megalodon Memiliki Berat 103,2 Ton

Seberapa besar megalodon ? Dalam sebuah surat kabar tahun 1996, menyatakan bahwa hiu megalodon memiliki panjang maksimum hingga 67 kaki atau sekitar 20 meter. surat kabar itu menetapkan berat tubuh hiu megalodon antara 48 ton hingga 103,2 ton.



Bahkan penelitian terbaru menyebutkan kalau ukuran maksimum hiu megalodon hanya sepanjang 18 meter. Terlepas dari itu, menurut perkiraan 'konservatif' megalodon akan berukuran lebih dari 20 kali ukuran hiu putih besar terbesar yang pernah tercatat.

3. Megalodon Memiliki Gigitan Paling Kuat

Karena ukurannya yang besar, hiu megalodon memiliki gigi yang besar. Kita bisa melihatnya ketika kita melihat foto-foto fosil gigi mereka. Para ahli sejak itu menyimpulkan bahwa hiu purba ini mungkin memiliki gigitan paling kuat sepanjang masa.

Megalodon memiliki mulut yang lebarnya hampir 10 kaki. Bentuk gigi megalodon mirip dengan gigi hiu putih modern saat ini, meskipun dalam ukuran gigi megalodon jauh lebih besar. Gigi megalodon, rata-rata, sekitar tiga kali lebih besar dari hiu putih modern!

4. Hiu Terbesar yang Pernah Hidup

Para ahli menyatakan bahwa Megalodon mungkin adalah hiu dan ikan terbesar yang pernah menjelajahi lautan! Sementara basilosaurids (paus purba) dan pliosaurus (reptil laut purba) dianggap sama besar, megalodon cenderung memegang posisi teratas dalam hal predator laut terbesar.

Megalodon juga merupakan predator puncak atau karnivora teratas, yang berarti mereka berada di puncak rantai makanan. Ini mungkin karena ukurannya yang besar.

5. Gigitan Megalodon 5 Kali Lebih Kuat dari Tyrex

Berkat terobosan dalam simulasi komputer, para peneliti memiliki pandangan yang lebih baik tentang gigitan kuat megalodon. Analisis komputer 3-D terbaru menempatkan kekuatan gigitan megalodon hingga 182.201 newton.



Kekuatan gigitan itu lima kali kekuatan gigitan yang diyakini para ilmuwan mampu dilakukan oleh Tyrannosaurus Rex. Untuk lebih banyak perspektif, kekuatan gigitan itu akan hampir persis 10 kali kekuatan gigitan dari putih besar terbesar yang hidup saat ini!

6. Megalodon Betina Dua Kali Lebih Besar dari Jantan

Diasumsikan bahwa megalodon betina bisa mencapai dua kali lebih besar dari rata-rata megalodon jantan. Betina cenderung lebih besar baik massa maupun panjangnya. Oleh karena itu, megalodon terbesar mungkin lebih dari 103,2 ton.

7. Megalodon dan Dinosaurus Tidak Pernah Hidup Bersama

Meskipun keduanya dianggap sebagai makhluk purba di Bumi jauh sebelum manusia, megalodon dan dinosaurus tidak pernah benar-benar hidup berdampingan.

Dinosaurus punah sekitar 66 juta tahun yang lalu. Sementara, Megalodon tidak dianggap ada sampai 23 juta tahun yang lalu. Megalodon dan dinosaurus adalah makhluk besar yang merupakan predator puncak di wilayah mereka.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3785 seconds (0.1#10.140)