Begini Gambar Lengkap Bintang Pertama yang Direkam Teleskop Luar Angkasa James Webb

Kamis, 17 Maret 2022 - 14:09 WIB
NASA merilis gambar baru yang menakjubkan dari Teleskop Luar Angkasa James Webb berupa bintang dalam fokus penuh dikelilingi pemandangan galaksi yang indah. Foto/NASA/Live Science
FLORIDA - NASA merilis gambar baru yang menakjubkan dari Teleskop Luar Angkasa James Webb berupa bintang dalam fokus penuh dikelilingi pemandangan galaksi yang indah. Gambar ini diperoleh cermin utama Teleskop Luar Angkasa James Webb yang berfungsi baik setelah proses penyelarasan.

“Kami memiliki gambar inframerah resolusi tertinggi yang pernah diambil dari luar angkasa. Teleskop bekerja lebih baik daripada dari yang seharusnya,” kata Scott Acton, seorang ilmuwan penginderaan dan kontrol gelombang yang bekerja di teleskop, dikutip SINDOnews dari laman futurism, Kamis (17/3/2022).

Gambar yang diperoleh ini adalah pencapaian luar biasa dan hasil besar bagi banyak ilmuwan yang telah bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan, meluncurkan, dan menyelaraskan observatorium luar angkasa terbesar.

“Lebih dari 20 tahun yang lalu, tim (James) Webb membangun teleskop paling kuat yang pernah ada di ruang angkasa dan menghasilkan desain optik yang berani untuk memenuhi tujuan sains. Hari ini kita dapat mengatakan bahwa desain ini terwujud,” kata Thomas Zurbuchen, Administrator Asosiasi untuk Misi Sains NASA.

Akhir pekan lalu, para ilmuwan menyelesaikan fase pelurusan atau penyelarasan terbaru teleskop, yang disebut “pentahapan halus.” Dengan kata lain, teleskop dengan sempurna menyelaraskan 18 segmen cermin heksagonalnya untuk fokus pada satu bintang terang.

Hasilnya bahkan lebih baik dari yang diharapkan. Seperti yang dicatat NASA dalam siaran persnya, "Setiap parameter optik yang telah diperiksa dan diuji bekerja pada, atau di atas, harapan," Keterangan NASA.

Para ilmuwan sekarang berharap untuk menyelesaikan langkah terakhir dari proses penyelarasan sebelum menyiapkan instrumen ilmiah Teleskop James Webb. "Tidak ada masalah kritis dan tidak ada kontaminasi terukur atau penyumbatan ke jalur optik Webb," tambah NASA.