Sarkofagus Kuno Ditemukan di Bawah Katedral Notre Dame Paris

Kamis, 17 Maret 2022 - 15:04 WIB
loading...
Sarkofagus Kuno Ditemukan di Bawah Katedral Notre Dame Paris
Pemandangan derek raksasa di dekat Katedral Notre-Dame de Paris saat pekerjaan pembangunan kembali atap dan puncak menara yang hancur akibat kebakaran, pada 9 Februari 2022. REUTERS/Gonzalo Fuentes/File Photo
A A A
PARIS - Para arkeolog menemukan sarkofagus kuno terbuat dari timah di bawah katedral Notre-Dame bersama dengan potongan-potongan tirai. Penemuan ini menawarkan wawasan baru tentang sejarah bangunan yang saat ini sedang dalam rekonstruksi setelah kebakaran hebat pada 2019.

Para arkeolog mengatakan sarkofagus timah itu mungkin milik seorang pejabat tinggi dan berasal dari abad ke-14. Jika dugaan ini benar, maka ini akan menjadikannya penemuan yang spektakuler.

"Fakta bahwa benda ini masih utuh, menunjukkan bahwa isinya terpelihara dengan sangat baik. Kami mengirim kamera kecil ke dalamnya yang menunjukkan sisa-sisa kain, bahan organik seperti rambut dan sisa-sisa tanaman," kata Christophe Besnier dari Institut Arkeologi Nasional Prancis dikutip SINDOnews dari Reuter, Kamis (17/3/2022).

Penggalian juga mengungkapkan lubang tepat di bawah lantai katedral, yang kemungkinan dibuat sekitar tahun 1230. Itu bertepatan ketika Notre-Dame, salah satu contoh tertua dari Gothic Prancis, sedang dibangun.



"Lantai penyeberangan transept telah mengungkapkan sisa-sisa kualitas ilmiah yang luar biasa," kata Menteri Kebudayaan Prancis Roselyne Bachelot. Dia menambahkan bahwa pekerjaan penggalian telah diperpanjang hingga 25 Maret 2022.
Sarkofagus Kuno Ditemukan di Bawah Katedral Notre Dame Paris


Bangunan Notre-Dame, yang berasal dari abad ke-12, sedang dalam proses rekonstruksi. Beberapa pekerja melakukan penggalian di dalam katedral sebagai tindakan pencegahan sebelum pemasangan perancah yang diperlukan untuk memulihkan atap kayu setinggi 100 meter.



Kementerian Kebudayaan Prancis mengatakan, situs penggalian terletak di bawah lapisan berbatu yang berasal dari abad ke-18. Namun, beberapa tingkat yang lebih rendah berasal dari abad ke-14, dan beberapa bahkan awal abad ke-13.

Rekonstruksi bangunan dilakukan setelah kebakaran hebat melanda Notre Dame beberapa waktu lalu. Kejadian ini mengejutkan Prancis, apalagi kobaran api membuat menara katedral runtuh.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)