3,5 Jam Setelah Peluncuran, 3 Kosmonot Rusia Tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Sabtu, 19 Maret 2022 - 07:00 WIB
Pesawat ruang angkasa Soyuz yang membawa trio kosmonot tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Jumat 18 Maret 2002 pukul 15:12 waktu Rusia. Foto/NASA/Space.com
BAIKONUR - Pesawat ruang angkasa Soyuz yang membawa trio kosmonot tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Jumat 18 Maret 2002 pukul 15:12 waktu Rusia . Pesawat ruang angkasa Soyuz tiba di ISS sekitar 3,5 jam setelah diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan.

Pesawat ruang angkasa Soyuz yang membawa tiga kosmonot Rusia, yaitu Oleg Artemyev, Denis Matveev, dan Sergey Korsakov. Pesawat Soyuz merapat dengan nodul Prichal baru di ISS pada pukul 15:12.

Kemudian lubang palka antara Soyuz dan stasiun luar angkasa dibuka pada pukul 17:48. Kemudian tiga tiga kosmonot masuk ke laboratorium yang mengorbit di luar angkasa dan bertemu kru lainnya yang sudah lama bertugas di sana.

Artemyev, Matveev dan Korsakov adalah awak semua kosmonot pertama yang lepas landas sejak tahun 2000, ketika Sergei Zalyotin dan Aleksandr Kaleri menerbangkan misi terakhir ke stasiun luar angkasa Mir Rusia. Kosmonot telah menerbangkan banyak misi sejak itu, tentu saja, tetapi sampai hari ini mereka selalu berbagi pesawat ruang angkasa mereka dengan astronot profesional dari negara lain, atau dengan turis luar angkasa.

Kosmonot Artemyev, Matveev, dan Korsakov, dijadwalkan untuk tinggal di stasiun sampai September 2022. Tiga kosmonot yang baru datang bergabung dengan tujuh orang di laboratorium ISS yang mengorbit.

Tujuh astronot yang bertugas di ISS, adalah kosmonot Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov, Matthias Maurer dari Badan Antariksa Eropa dan astronot NASA Raja Chari, Thomas Marshburn, Kayla Barron dan Mark Vande Hei.

Namun, Shkaplerov, Dubrov dan Vande Hei tidak akan tinggal di orbit lebih lama; ketiganya akan kembali ke Bumi dengan kapal Soyuz pada 30 Maret 2022. Rencana ini berjalan sesuai jadwal meskipun sempat diragukan akibat dampak perang Rusia ke Ukraina dan meningkatnya ketegangan geopolitik antara AS dan Rusia.

Stasiun luar angkasa akan segera mendapatkan lebih banyak pengunjung. Pada 3 April, SpaceX berencana meluncurkan misi Ax-1, yang akan mengirim empat astronot ke lab di ISS untuk tinggal selama delapan hari. Perusahaan milik Elon Musk dijadwalkan meluncurkan misi astronot Crew-4 untuk NASA pada 19 April 2022.