Pertama Kali dalam 22 Tahun, Peluncuran Roket Soyuz Membawa Kru Semua dari Rusia

Sabtu, 19 Maret 2022 - 07:31 WIB
loading...
Pertama Kali dalam 22 Tahun, Peluncuran Roket Soyuz Membawa Kru Semua dari Rusia
Tiga kosmonot yang dibawa roket Soyuz ke ISS, adalah Oleg Artemyev, Denis Matveev, dan Sergey Korsakov. Mereka direncanakan tinggal selama 6 bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Foto/Roscosmos/Space.com
A A A
BAIKONUR - Pesawat luar angkasa Soyuz tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) membawa tiga kosmonot Rusia , Jumat 18 Maret 2022 waktu setempat. Ini merupakan peristiwa pertama kali dalam 22 tahun roket Soyuz membawa kru ke luar angkasa semuanya berasal dari Rusia.

Tiga kosmonot yang dibawa roket Soyuz ke ISS, adalah Oleg Artemyev, Denis Matveev, dan Sergey Korsakov. Mereka direncanakan tinggal selama 6 bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

"Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun – semua kru berasal dari Rusia," kata Dmitry Rogozin, Direktur Umum Roscosmos, perusahaan ruang angkasa federal Rusia, menulis melalui akun twitter pada Jumat 18 Maret 2022 dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Sabtu (19/3/2022).



Peluncuran ke luar angkasa ini dilakukan saat perang Rusia Ukraina dan memburuknya hubungan Roscosmos dan NASA. Tetap berjalannya misi ini mengindikasikan hasil dari negosiasi yang lebih lama antara NASA dan Roscosmos.

Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi Rusia menempatkan kosmonotnya di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Sebaliknya, AS dapat menggunakan pesawat luar angkasa Soyuz untuk membawa kembali astronotnya ke Bumi.

"Kami masih berencana untuk melakukan pertukaran kru," kata Joel Montalbano, manajer NASA untuk program Stasiun Luar Angkasa Internasional, dalam konferensi pers, Senin 14 Maret 2022 dikutip SINDOnews dari laman Space.com.


Pertama Kali dalam 22 Tahun, Peluncuran Roket Soyuz Membawa Kru Semua dari Rusia


Terakhir kali roket Soyuz MS-21 terbang ke luar angkasa dengan kru semua berasal dari Rusia pada tahun 2000. Ada 2 awak kosmonot karier Rusia, yaitu Sergei Zalyotin dan Aleksandr Kaleri menggunakan Soyuz TM-30 didanai secara pribadi untuk menilai pengaktifan kembali stasiun ruang angkasa Rusia Mir untuk penggunaan komersial.

Mir akhirnya dideorbit pada tahun 2001. Roket Soyuz MS-21 adalah Soyuz ke-67 Rusia yang diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional sejak 2000 dan ke-150 yang terbang sejak 1967.

Pada tahun 1999 roket Soyuz TM-28 meluncurkan misi ke luar angkasa dengan 3 kru asal Rusia semua. Ketiga kosmonot itu adalah Gennady Padalka, Sergei Avdeyev, dan Yuri Baturin.

Terbaru, Soyuz MS-19 diluncurkan pada tahun 2021 dengan tiga orang Rusia menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional. Tapi, hanya satu yang merupakan kosmonot, yaitu Shkaplerov. Dua anggota kru lainnya adalah aktris Yulia Peresild dan sutradara Klim Shipenko, yang terbang di bawah kontrak komersial untuk adegan film yang masih akan dirilis "The Challenge."
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)