Apa Artinya, 3 Kosmonot Rusia Pakai Berseragam Kuning yang Identik dengan Bendera Ukraina

Minggu, 20 Maret 2022 - 06:10 WIB
loading...
Apa Artinya, 3 Kosmonot Rusia Pakai Berseragam Kuning yang Identik dengan Bendera Ukraina
Tiga kosmonot Rusia yang baru tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada hari Jumat 18 Maret 2022 mengenakan setelan penerbangan kuning dengan aksen biru. Foto/NASA/Roscosmos/mashable
A A A
MOSKOW - Tiga kosmonot Rusia yang baru tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada hari Jumat 18 Maret 2022 mengenakan setelan penerbangan kuning dengan aksen biru. Penampilan trio kosmonot Rusia ini menggemakan warna kuning yang identik dengan bendera Ukraina.

Ini adalah penampilan yang luar biasa mengingat Komandan Oleg Artemyev terlihat mengenakan setelan penerbangan biru selama proses docking. "Kami telah mengumpulkan banyak bahan kuning sehingga kami perlu menggunakannya," katanya dikutip SINDOnews dari laman mashable, Minggu (20/3/2022).

Tidak ada yang secara spesifik menyebut Ukraina, tetapi pilihan warnanya sangat mencolok. Mengingat Artemyev, bersama dengan kosmonot Denis Matveev dan Sergey Korsakov, ketika pertama tiba di ISS sejak Rusia menginvasi Ukraina pada akhir Februari 2022.



Apakah ini hanya sekadar pilihan mode atau tindakan protes yang halus? Nah, Artemyev menjelaskan tentang penampilan 3 kosmonot yang baru tiba setelah boarding selesai. Dia mengatakan bahwa setiap kru memilih warna setelan penerbangannya sendiri.

"Sekarang giliran kami untuk memilih warna. Faktanya, kami telah mengumpulkan banyak bahan kuning sehingga kami perlu menggunakannya. Karena itu kami harus memakai warna kuning," ujarnya.

Sulit untuk tidak melihat pentingnya melihat warna Ukraina tersirat di pakaian kosmonot Rusia. Serangan ke Ukraina yang diperintahkan Presiden Rusia Vladimir Putin mendapat sorotan dunia global. Bahkan Amerika Serikat dan sekutunya menjatuhkan sanksi ekonomi secara luas kepada Rusia.


Apa Artinya, 3 Kosmonot Rusia Pakai Berseragam Kuning yang Identik dengan Bendera Ukraina


Sejumlah perusahaan teknologi bekerja untuk menetralisir upaya disinformasi tersebut dan mengisolasi Rusia secara finansial. Namun, ikonografi Ukraina, seperti warna bendera dan bunga nasional negara itu, bunga matahari, juga telah menjadi cara bagi orang untuk mengekspresikan dukungan (dan meningkatkan kesadaran) secara online.

Setiap kedatangan astronot ke ISS adalah momen luar angkasa keren yang berpotensi menjadi viral. Jadi apakah penggunakan seragam serba kunng oleh 3 kosmonot Rusia itu disengaja atau tidak, sebab setelan penerbangan kuning-biru meninggalkan ingatan yang kuat.

Kedatangan Artemyev, Matveev, dan Korsakov menandai dimulainya misi enam bulan mereka di luar angkasa. Mereka menggantikan kosmonot Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov yang, bersama dengan astronot NASA Mark Vande Hei, dijadwalkan kembali ke Bumi pada 30 Maret 2022.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)