Rabu, 23 Maret 2022 - 15:54 WIB
Jejak Penjelajah Mars Zhurong Milik China Terdeteksi NASA
Pesawat ruang angkasa NASA yang mengorbit di Mars telah mendeteksi rover China Zhurong di permukaan planet merah itu. Foto/NASA/JPL-Caltech/UArizona
PESAWAT ruang angkasa NASA yang mengorbit di Mars telah mendeteksi rover China Zhurong di permukaan. Dari foto yang terekam memberikan gambaran epik perjalanan kendaraan melalui tanah merah planet Mars.

Dikutip dari laman Space.com, Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) menangkap gambar Zhurong pada 11 Maret 2022. Foto itu diposting para peneliti hasil kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) MRO yang kuat.

Meskipun MRO mengorbit 179 mil (288 kilometer) di atas, HiRISE berhasil mengambil sekitar 0,93 mil (1,5 km) trek yang telah dibuat Zhurong dari potongan gambar dengan peningkatan kontras. Rover Zhurong sedang dalam perjalanan ke selatan sejak mendarat pada Mei 2021 atau 10 bulan lalu.

Foto tersebut menunjukkan bahwa rover mengunjungi lokasi parasut dan cangkang yang memperlambat penurunan Zhurong ketika mendarat melalui atmosfer Mars yang tipis. Zhurong terdeteksi mengamati fitur permukaan Mars, termasuk bukit pasir.
Jejak Penjelajah Mars Zhurong Milik China Terdeteksi NASA

Zhurong adalah bagian dari misi Tianwen 1 China, yang juga mencakup pengorbit. Bulan lalu, pengorbit itu menandai satu tahun penuh (Bumi) mengelilingi Planet Merah. Zhurong tetap melekat pada pengorbit selama beberapa bulan sebelum berpisah untuk pendaratan Mei 2021.