Adu Kehebatan Tank Amerika vs Rusia, Mana Lebih Unggul?

Kamis, 24 Maret 2022 - 23:03 WIB
loading...
A A A
Tank M1 Abrams saat ini sudah dilengkapi teknologi modern sehingga lebih menakutkan. Meriamnya juga bisa memuntahkan meriam ukuran 120mm. Bagian dalam telah diubah oleh sensor modern dan sistem pengendalian kebakaran, menjadikannya salah satu yang paling canggih di dunia.

Peralatan tempur ini sangat aman karena dilengkapi dengan pelindung uranium yang sangat padat yang melindungi kru dari serangan frontal. Namun tank ini sangat mahal dengan harga sekitar USD6 juta per unit, tetapi juga salah satu yang terbaik di dunia.

2. Tank T-90 Rusia

Adu Kehebatan Tank Amerika vs Rusia, Mana Lebih Unggul?


Tank Kremlin yang paling canggih adalah T-90, di mana Rusia memiliki antara 750 dan 1.000. Ini hanya sekitar dua persen dari pasukan tank Rusia yang mencaai 20.000 unit.

Pertama kali diperkenalkan pada awal 1990-an, Tank T-90 ini lebih murah daripada M1A2 Abrams, dengan biaya sekitar USD4,5 juta per unit. Ini adalah pengembangan dari T-72 yang lebih tua.

Iterasi terbaru dari T-90A adalah melindungi awaknya dengan lambung lapis baja komposit. T-90A juga dapat menggunakan tindakan balasan elektronik untuk mengganggu proyektil yang menyerang mereka.



Saat menyerang, meriam 125mm-nya cukup untuk membuat khawatir musuh mana pun. Meskipun senjata yang kompeten yang telah bertempur di Chechnya, Suriah dan Ukraina, T-90A umumnya tidak dianggap sebagai pemimpin dunia.

Sadar akan kebutuhan tank yang lebih modern, Rusia mengembangkan T-14 Armata. Platform generasi berikutnya akan menggunakan sistem perlindungan aktif untuk menghentikan roket sebelum mengenai tank.

Saat menyerang, Armata akan memiliki meriam utama yang ditingkatkan, sistem kontrol tembakan yang lebih canggih, dan senapan mesin yang dikendalikan dari jarak jauh. Menara Armata tidak berawak, memungkinkan tiga anggota awaknya untuk duduk di kapsul kru yang relatif aman.

Meskipun mengesankan di atas kertas, Armata telah kesulitan biaya untuk diproduksi dalam jumlah besar. Tampaknya Rusia tidak mungkin bisa memenuhi target memiliki 2.300 tank Armata dalam waktu dekat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)