5 Bulan Tinggal di Stasiun Luar Angkasa, 3 Taikonaut Shenzhou-13 Bersiap Pulang ke Bumi

Selasa, 29 Maret 2022 - 08:30 WIB
loading...
5 Bulan Tinggal di Stasiun Luar Angkasa, 3 Taikonaut Shenzhou-13 Bersiap Pulang ke Bumi
Para taikonaut Shenzhou-13 telah memulai persiapan untuk keberangkatan pulang kembali ke Bumi setelah tinggal di kabin inti stasiun ruang angkasa Tianhe selama lebih dari 5 bulan. Foto/GlobalTimes
A A A
BEIJING - Para taikonaut Shenzhou-13 telah memulai persiapan untuk keberangkatan kembali ke Bumi setelah tinggal di kabin inti stasiun ruang angkasa Tianhe selama lebih dari 5 bulan. Kondisi fisik dan psikologis ketiga awak kapal tersebut lebih baik dari perkiraan, dan mereka dijadwalkan kembali ke Bumi pada pertengahan April 2022.

Wang Ya'nan, Kepala Editor Pengetahuan Aerospace yang berbasis di Beijing, mengatakan kondisi fisik dan psikologis ketiga awak lebih baik dari yang diharapkan adalah karena memiliki jadwal yang teratur dan pekerjaan yang disusun secara cermat. Jadi para taikonot dapat melakukan tugas dengan baik di ruang angkasa dengan hati-hati, teratur dan rasional.

“Jika pengaturan itu tidak dirancang dengan hati-hati, status mental mereka bisa terganggu. Mudah (melakukan) salah," kata Wang kepada Global Times yang dikutip SINDOnews, Selasa (29/3/2022).



Dia menambahkan bahwa dengan kemajuan teknologi komunikasi ruang angkasa, para taikonot dapat menghibur diri dengan internet, berbicara dengan keluarga dan teman-teman mereka, dan melakukan interaksi luar angkasa-Bumi secara teratur. Dua kuliah luar angkasa juga banyak membantu dalam meningkatkan status mental mereka.

Lalu apa yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan stasiun luar angkasa? Dikutip dari laman China Space News, sebelum pulang para taikonot perlu mengemas kembali barang-barang mereka. Termasuk peralatan kebugaran, perlengkapan laboratorium dan bagian pemeliharaan, serta meletakkannya kembali di lokasi yang ditentukan.

Beberapa item mungkin perlu dipasang ke dinding agar tidak mengambang dan tergelincir. Data dan sampel eksperimental juga perlu dikemas dan dibawa kembali ke Bumi. Akan ada "pembersihan rumah" menyeluruh untuk memilah semua jenis sampah yang dihasilkan selama misi.



Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Provinsi Gansu China Barat Laut mengadakan latihan penyelamatan untuk menyambut kembalinya Shenzhou-13 di lokasi pendaratan Dongfeng. Digelar simulasi seluruh proses mulai dari menemukan kapsul kembali hingga berbagai pengaturan penyelamatan dan penyelesaian.

Tim layanan medis untuk menyelamatkan taikonaut juga melakukan latihan, seperti bagaimana mendarat dengan menggunakan helikopter dan menjaga taikonaut yang dikembalikan tetap hangat. Apalagi pada bulan April cuaca di bagian utara China masih cukup dingin.
5 Bulan Tinggal di Stasiun Luar Angkasa, 3 Taikonaut Shenzhou-13 Bersiap Pulang ke Bumi


Belum akibat gaya berat mikro mungkin telah melemahkan otot dan tulang taikonaut. Mereka akan melalui proses pemulihan seperti penilaian otot dan spa terapi.

Tiga taikonot China yang akan kembali, adalah Zhai Zhigang, Wang Yaping, dan Ye Guangfu mengendarai pesawat ruang angkasa Shenzhou-13. Mereka diluncurkan ke luar angkasa melalui roket Long March 2F pada 16 Oktober 2021.

Mereka memulai masa tinggal enam bulan di orbit untuk menjalankan berbagai misi di stasiun luar angkasa. Ini menjadi rekor baru untuk waktu terlama misi penerbangan ke luar angkasa dalam sejarah China.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)