Ilmuwan Ajari Ikan Pari dan Cichlids Berhitung, Hasilnya Mengejutkan!

Jum'at, 01 April 2022 - 16:22 WIB
loading...
Ilmuwan Ajari Ikan Pari dan Cichlids Berhitung, Hasilnya Mengejutkan!
Sejumlah ilmuwan di Universitas Bonn, Jerman melakukan eksperimen dengan mengajari ikan pari dan cichlids berhitung. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Sejumlah ilmuwan di Universitas Bonn, Jerman melakukan eksperimen dengan mengajari ikan pari dan cichlids berhitung. Hasilnya cukup menarik, karena kedua jenis ikan ini juga pandai berhitung.

Ikan cichlids atau zebra mbuna dan ikan pari ternyata mampu berhitung dengan menambah dan mengurangi angka. Eksperimen yang dilakukan ilmuwan ini menugaskan ikan untuk berenang melalui ruangan di mana mereka hanya akan menerima makanan jika jawaban matematika mereka benar.

Keterampilan numerik mereka dirinci dalam makalah baru yang diterbitkan di Scientific Reports. Ini mengungkapkan bahwa dalam kondisi eksperimental, ikan bertulang, zebra mbuna, dan ikan pari dapat menambah dan mengurangi satu nilai dari angka satu hingga lima.

Penemuan ini berasal dari penelitian tim termasuk Profesor Vera Schluessel dari Universitas Bonn, Jerman, yang telah melatih ikan dalam tugas numerik selama beberapa tahun. Ilmuwan ini melakukan penelitian dengan membangun kompartemen khusus untuk ikan.

BACA: Spesies Baru Katak Bermoncong Tapir Ditemukan di Hutan Amazon

Cara kerjanya, ikan berenang ke kompartemen yang dipisahkan oleh dua layar. Lalu peneliti menyajikan hal-hal yang berbeda di setiap layar, misalnya, lima titik di satu dan tiga di sisi lain.

Ikan akan memilih sisi untuk berenang secara acak, dan menerima hadiah atau tidak mendapatkan apa-apa. Seiring waktu, mereka belajar mengasosiasikan rangsangan visual di layar dengan hasil yang diinginkan.

Setelah cichlids dan ikan pari memiliki dasar-dasar perhitungannya, para peneliti kemudian menambah tingkat kesulitannya. Mereka kemudian menggunakan proyektor untuk menunjukkan bentuk geometris dalam warna tertentu, yang bertindak seperti pertanyaan.

Hasil dari seluruh ikan yang diuji, enam cichlids dan tiga ikan pari mampu mengerjakan matematika dengan tingkat keberhasilan 78 dan 94 persen. Keduanya sedikit kurang dapat diandalkan ketika mnejawab soal pengurangan, masing-masing hanya mendapat jawaban benar 69 dan 89 persen.

“Kebanyakan orang tidak benar-benar tahu bahwa ikan juga memiliki kepandaian,” kata Schluessel kepada IFL Science, Jumat (1/4/2022).

BACA JUGA : Cara Merawat Knalpot Motor dengan 7 Langkah Mudah

Dia mengatakan, memang tidak seluruh ikan mampu berhitung. "Jadi ada yang benar-benar pandai dalam sesuatu, dan ada juga yang tidak. Jadi, Anda memiliki variasi ikan yang cukup luas,” katanya.

Hasil tes yang menjanjikan sejauh ini, tetapi Schluessel mengatakan tim berharap untuk melanjutkan penelitian dengan membuatnya sedikit lebih sulit. Mereka berharap meneliti ikan elasmobranch yang keterampilan numeriknya sampai saat ini kurang dipelajari dengan baik.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1469 seconds (10.177#12.26)