Rusia Tembakkan Rudal Bertenaga Ramjet ke Ukraina, Begini Kekuatan Rudal Strobile

Minggu, 10 April 2022 - 19:55 WIB
loading...
Rusia Tembakkan Rudal Bertenaga Ramjet ke Ukraina, Begini Kekuatan Rudal Strobile
Rusia mengumumkan telah menembakkan 2 rudal SS-N- 26 Strobile atau P-800 Oniks ke sasaran darat di Ukraina. Foto/csis/BulgarianMilitary
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Federasi Rusia mengumumkan telah menembakkan 2 rudal SS-N- 26 Strobile atau P-800 Oniks ke sasaran darat di Ukraina . Dua rudal bertenaga ramjet itu ditembakan kru pantai Laut Hitam, operator sistem rudal pertahanan pantai bergerak K-300P Bastion-P pada 6 April 2022.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengumumkan bahwa 5 pangkalan penyimpanan bahan bakar dan pelumas Ukraina hancur. Konashenkov mengumumkan lokasi pangkalan itu berada di Desa Radekhov, Kazatin, Prosyanaya, Nikolaev, dan Novomoskovsk.

Menurut Konashenkov, kelima pangkalan tersebut merupakan pemasok utama bahan bakar untuk peralatan militer angkatan bersenjata Ukraina yang terletak di distrik Kharkiv, Nikolaev, dan Donbas. Serangan dilakukan dengan menggunakan rudal permukaan-ke-permukaan dan udara-ke-permukaan presisi tinggi.



Dikutip dari laman BulgarianMilitary, rudal presisi tinggi yang dimaksud adalah rudal SS-N-26 Strobile atau P-800 Oniks. Rudal ini merupakan rudal dari akhir era Soviet [1987-1988], yang terus diperbarui dan ditingkatkan hingga hari ini.

Secara resmi rudal ini diterima di Direktorat Rudal dan Artileri Utama Kementerian Pertahanan Federasi Rusia pada tahun 2002. SS-N-26 Strobile pada awalnya dirancang sebagai rudal jelajah anti-kapal, tetapi selama bertahun-tahun Rusia telah meningkatkan penggunaannya dan hari ini juga digunakan sebagai rudal permukaan-ke-permukaan.
Rusia Tembakkan Rudal Bertenaga Ramjet ke Ukraina, Begini Kekuatan Rudal Strobile


Selain dari kapal, rudal SS-N-26 Strobile dapat diluncurkan dari kapal selam, serta sistem rudal berbasis darat K-300P Bastion-P. Rudal SS-N-26 Strobile berbobot 3 ton dan ditenagai oleh ramjet, yang menghasilkan traksi 4 ton.



Jangkauan operasional rudal adalah 600-800 km untuk Angkatan Bersenjata Rusia, sedangkan untuk ekspor rudal memiliki jangkauan maksimum 300 km. Mencapai kecepatan tertinggi antara Mach 2 dan 3, terbang pada ketinggian maksimum 14.000 meter, dan menavigasi melalui panduan inersia di tengah jalan, kepala pencari radar pasif pelacak radar aktif.

Hulu ledak SS-N-26 Strobile adalah 300 kg semi-armor piercing HE (High explosives), termonuklir. Namun, versi ekspor memiliki hulu ledak 200 kg semi-armor piercing HE. Kedua tipe memiliki delay fuze.
Rusia Tembakkan Rudal Bertenaga Ramjet ke Ukraina, Begini Kekuatan Rudal Strobile


Diketahui pada 21 Februari 2022, pemerintah Rusia mengklaim bahwa penembakan Ukraina telah menghancurkan fasilitas di perbatasan Rusia Ukraina dan mengklaim telah menewaskan 5 tentara Ukraina yang mencoba menyeberang ke wilayah Rusia. Ukraina membantah terlibat dalam kedua insiden itu dan menyebut mereka sebagai operasi bendera palsu.

Pada hari yang sama, pemerintah Rusia secara resmi mengakui DPR dan LPR yang memproklamirkan diri sebagai negara merdeka, menurut Putin tidak hanya di wilayah yang mereka kuasai secara de facto, tetapi juga Oblast Ukraina secara keseluruhan. Putin memerintahkan pasukan Rusia, termasuk tank, untuk memasuki daerah itu.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3862 seconds (0.1#10.140)