Pesawat Tempur Siluman Su-75 Checkmate Rusia, Ini Persenjataan dan Kecanggihannya

Minggu, 10 April 2022 - 17:10 WIB
loading...
Pesawat Tempur Siluman Su-75 Checkmate Rusia, Ini Persenjataan dan Kecanggihannya
Pesawat tempur siluman generasi ke-5 Rusia yaitu Su-75 Checkmate. Foto/BulgarianMilitary
A A A
MOSKOW - Pesawat tempur siluman generasi ke-5 Rusia yaitu Su-75 Checkmate pertama kali diperkenalkan ke publik pada ajang International Air Show di MAX-2021 di Zhukovsky, Juli 2021. CEO dan Eksekutif United Aircraft Corporation Rostec [UAC] Yuri Slyusar turun langsung mempresentasikan sejumlah kecanggihan Su-75 Checkmate.

Selama presentasinya, Yuri Slyusar tidak hanya memberi isyarat tetapi juga memberikan informasi yang sangat menarik dan menguatkan tujuan perusahaan menjadikan Su-75 Checkmate sebagai pesawat tempur terbaik di masa depan.Bahkan pesawat yang dihadirkan sudah siap tempur, bukan pesawat model atau demonstrasi.

Dikutip SINDOnews dari laman BulgarianMilitary, Yuri Slyusar menjelaskan beberapa fitur canggih dan persenjataan yang diusung Su-75 Checkmate.

1. Su-75 Checkmate adalah pesawat tempur siluman bermesin tunggal menggunakan mesin Izdelie 30. Mesin ini diharapkan menjadi elemen penggerak utama Su-57 dan Su-35 di masa depan.


Pesawat Tempur Siluman Su-75 Checkmate Rusia, Ini Persenjataan dan Kecanggihannya


2. Su-75 Checkmate mampu terbang dengan kecepatan hingga Mach 2 dan tidak bisa dideteksi radar. Penerbangan pertama akan dilakukan pada tahun 2023. Jika tes berhasil, United Aircraft Corporation Rostec akan memulai produksi massal pada 2026.

3. Persenjataan Su-75 Checkmate serupa dengan Su-57. Termasuk bom, rudal udara-ke-udara, rudal udara-ke-darat, rudal anti-kapal, sistem peperangan elektronik. Untuk pertempuran jarak dekat Su-75 Checkmate akan mengandalkan meriam otomatis 30 mm. Su-75 Checkmate punya versi tanpa awak.

Menurut Yuri Slyusar, target perusahaan untuk memproduksi 300 unit pesawat tempur ini dalam waktu 15 tahun ke depan. Rusia bakal menjadi pengguna utama pesawat siluman ini, selain dijual secara cermat ke sejumlah negara potensial.

“Kami berharap pasukan kedirgantaraan Rusia akan menunjukkan minat pada platform ini (Su-75 Checkmate), termasuk versi tak berawaknya,” kata Slyusar.
Pesawat Tempur Siluman Su-75 Checkmate Rusia, Ini Persenjataan dan Kecanggihannya


(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3936 seconds (0.1#10.140)