Ini Deretan Kota Tercanggih di Dunia, 3 di Antaranya Ada di Asia

Selasa, 12 April 2022 - 21:05 WIB
loading...
Ini Deretan Kota Tercanggih di Dunia, 3 di Antaranya Ada di Asia
Tokyo adalah salah satu kota dengan predikat paling canggih di dunia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Teknologi menjadi satu hal yang perlu dan wajib dikuasai oleh seluruh negara di dunia jika tidak ingin ketinggalan. Diketahui ada beberapa kota di dunia yang begitu getol meningkatkan teknologi untuk memudahkan warganya beraktifitas.

Di tengah derasnya arus globalisasi yang terjadi saat ini, beberapa negara juga berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam menerapkan kecanggihan teknologi di segala bidang. Mulai dari transportasi hingga dibidang teknologi nirkabel.

Bahkan untuk mewujudkan kecanggihan teknologi di kotanya, sebuah negara rela merogoh kocek hingga ratusan miliar dolar. Berikut adalah 4 kota tercanggih di dunia yang bisa dijadikan contoh:

1. Tokyo

Semua masyarakat dunia sudah tahu dan mengakui bahwa Tokyo adalah kota dengan teknologi paling canggih di dunia. Melansir CNN, Tokyo memiliki 13 jalur kereta bawah tanah.



Sistem kereta api di kota ini dirancang sangat canggih hingga menjadi contoh bagi negara-negara lain yang ingin mengembangkan kereta bawah tanah, termasuk Indonesia.

Kecanggihan teknologi di Tokyo semakin terlihat saat perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade 2020. Seluruh pihak yang terlibat dalam Olimpiade dan Paralimpiade 2020 itu mengimplementasikan sistem keamanan dengan pengenalan wajah.

Setiap orang yang ingin masuk ke area pertandingan harus mendekatkan wajahnya ke sebuah alat, sehingga identitasnya dapat dikenali.

Tidak perlu khawatir data pribadi akan tersebar, sebab pihak penyelenggara sudah menjamin keamanan data pribadi dan melakukan proteksi mumpuni. Cara ini dianggap lebih cepat, dibandingkan cara kuno yang dapat menyebabkan antrean.

2. Seoul

Ibu Kota Korea Selatan, Seoul, juga masuk dalam jajaran kota canggih di dunia. Melansir Okezone, Seoul menjadi produsen gawai canggih di dunia dan sudah disiapkan menjadi kota Metaverse pertama di dunia.

Seoul juga membebaskan masyarakatnya untuk mengakses teknologi , sehingga hampir seluruh masyarakat Seoul memiliki kemampuan teknologi yang baik. Pendidikan tentang pentingnya teknologi sudah diberikan kepada warga Seoul sejak di bangku sekolah.



Diketahui pula, pemerintah Seoul banyak berinvestasi di lini infrastruktur dan teknologi. Contohnya adalah menyediakan ruas jalan yang ramah mobil listrik.

Di Seoul, para pemilik mobil listrik bisa dengan mudah menemukan lokasi untuk mengisi ulang daya mobilnya di Seoul.

3. Singapura

Kota tercanggih selanjutnya adalah Singapura. Luasnya yang tidak besar membuat pemerintah Singapura getol melakukan transformasi dan pengembangan di semua bidang, termasuk teknologi.

Melansir Hurstwood Holdings, pemerintah Singapura telah menginvestasikan lebih dari 158 miliar dolar untuk berinvestasi di bidang teknologi. Fasilitas jaringan nirkabel atau Wi-Fi tersedia di mana-mana secara gratis.

Hal ini tentu akan meningkatkan produktivitas masyarakatnya. Selain itu, Singapura memiliki sistem pengamanan canggih dengan mengandalkan kamera pengawas.

4. New York

Tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan New York dalam daftar kota paling canggih di dunia. Kota terkenal di Amerika Serikat (AS) ini adalah satu-satunya kota dengan peningkatan teknologi paling signifikan di AS.



NYC International Business menyebut, lebih dari 7.500 perusahaan teknologi tersebar di seluruh penjuru New York dengan penghasilan sebesar 4,5 miliar dolar AS.

New York juga terkenal dengan teknologi pengendalian pencemaran udaranya yang baik. Teknologi ini terus dikembangkan karena tingkat polusi di New York sangat tinggi.

Indeks kualitas udara New York kini sudah jauh lebih baik, dengan berada di level 13. Hal itu sesuai dengan anjuran yang ditetapkan oleh WHO.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2470 seconds (0.1#10.140)