Ledakan Matahari Luncurkan Bola Plasma ke Bumi, Dampaknya Terasa pada 14 April

Rabu, 13 April 2022 - 03:05 WIB
loading...
Ledakan Matahari Luncurkan Bola Plasma ke Bumi, Dampaknya Terasa pada 14 April
Ledakan bintik matahari yang terjadi pada Senin 11 April 2022 memicu ejeksi bola plasma massal yang menuju ke arah Bumi. Foto/Live Science
A A A
WASHINGTON - Ledakan bintik matahari yang terjadi pada Senin 11 April 2022 memicu ejeksi bola plasma massal yang menuju ke arah Bumi. Diperkirakan dampaknya akan terasa di Bumi pada 14 April 2022, salah satunya fenomena aurora yang lebih intens.

Menurut laman SpaceWeather, ledakan itu berasal dari bintik matahari mati yang disebut AR2987. Ledakan bintik matahari melepaskan banyak energi dalam bentuk radiasi, yang juga menyebabkan koronal mass ejection (CME) yang dapat memicu aurora yang sangat terang di utara atmosfer bumi.

Dikutip dari laman Live Science, bintik matahari adalah daerah gelap di permukaan matahari. Bintik matahari terbentuk oleh fluks magnet yang kuat dari interior matahari. Bintik-bintik ini bersifat sementara dan dapat berlangsung selama berjam-jam hingga berbulan-bulan.



"Kadang-kadang, bintik matahari bisa 'restart,' dengan lebih banyak magnet muncul kemudian (hari, minggu) di wilayah yang sama. Seolah-olah kelemahan terjadi di zona konveksi, atau seolah-olah ada wilayah yang tidak stabil di bawah permukaan matahari yang menghasilkan medan magnet di bawahnya," kata Philip Judge, fisikawan surya di High Altitude Observatory di National Center for Atmospheric Research (NCAR), Rabu (13/4/2022).

Apa pun yang terjadi di masa depan, bintik matahari AR2987, telah mengeluarkan suar matahari kelas-C pada Senin 11 April 2022. Suar seperti itu terjadi ketika plasma dan medan magnet di atas bintik matahari memberi jalan di bawah tekanan.

Suar kelas C secara umum sering terjadi dan jarang menimbulkan dampak langsung ke Bumi. Menurut SpaceWeather suar matahari kelas C jarang memicu CME dan ketika itu terjadi, CME yang terbentu biasanya lambat dan lemah.



Ketika CME menghantam medan magnet di sekitar Bumi, partikel bermuatan dalam ejeksi dapat melakukan perjalanan ke garis medan magnet yang berasal dari Kutub Utara dan Selatan. Ketika berinteraksi dengan gas di atmosfer, melepaskan energi dalam bentuk foton dan menciptakan pergeseran , tirai menyilaukan yang dikenal sebagai aurora — cahaya utara dan selatan.
Ledakan Matahari Luncurkan Bola Plasma ke Bumi, Dampaknya Terasa pada 14 April


CME mungkin menghasilkan badai geomagnetik kecil (G1) pada 14 April, yang berarti bahwa mungkin ada dampak kecil pada operasi satelit dan fluktuasi lemah di jaringan listrik. Aurora dapat terlihat di garis lintang yang lebih rendah dari biasanya, sejauh selatan hingga Michigan utara dan Maine.

Matahari saat ini berada dalam Siklus Surya 25, terhitung sejak tanggal 25 sejak pengamatan formal dimulai pada tahun 1755. Jumlah bintik matahari selama siklus ini sedang meningkat dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun 2025, yang berarti lebih banyak kemungkinan terjadi badai matahari dan aurora.

Badai geomagnetik yang kuat juga diamati pada hari Minggu 10 April 2022. Tetapi menurut Pusat Analisis Data Pengaruh Matahari, tidak ada CME lain yang diarahkan ke Bumi yang diamati dalam 24 jam terakhir selain yang dimuntahkan oleh sisa-sisa AR2987.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)