Stasiun Luar Angkasa Bakal Sediakan Toilet Baru

Kamis, 18 Juni 2020 - 20:06 WIB
loading...
Stasiun Luar Angkasa Bakal Sediakan Toilet Baru
Ilustrasi Toilet. FOTO/ IST
CALIFORNIA - Di luar angkasa tentu tidak akan ada yang mendengar bunyi flush dari toilet. Tapi bukan berarti tidak ada toilet bagi para astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kabar terbaru, ISS akan kedatangan sistem toilet canggih tahun ini. Jika semuanya berjalan dengan baik, sistem toilet terbaru dan lebih baik dari sebelumnya akan meluncur ke ISS. BACA JUGA -Fenomena Langka, Dalam Sehari Aceh Akan Digempur Gerhana Matahari dan Bulan

Toilet yang dinamakan Universal Waste Management System (UWMS) itu akan dikirim oleh NASA. UWMS adalah peningkatan dari teknologi ruang lacatory saat ini yang akan membantu memfasilitasi kru campuran gender dan akan lebih mudah digunakan.
Stasiun Luar Angkasa Bakal Sediakan Toilet Baru

Dikutip dari Cnet, Kamis (18/6/2020), toilet yang ada sekarang di ISS merupakan rancangan lawas tahun 90-an, artinya toiet ini sudah usang dan memiliki beberapa masalah.

Toilet yang ada saat ini tidak begitu nyaman untuk diduduki, alat ini juga dinilai tidak ramah untuk kru, laki-laki dan perempuan.



Toilet baru yang akan dikirim ke ISS itu diklaim dapat mengatasi msalah tersebut dengan mendesain ulang bentuk dan volume kursi. BACA JUGA - Gerhana Matahari Cincin dan Fase Bulan Baru di Akhir Pekan ini

Sistem toilet terbaru memiliki sejumlah keunggulan, massa lebih rendah dari sebelumnya, mudah digunakan, meningkatkan kenyamanan dan kinerja kru ISS, hingga menyalurkan urin sehingga dapat diproses dengan aman oleh sistem daur ulang pesawat ruang angkasa, begitu kata NASA.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA