Keunikan Bulan Purnama Merah Muda dan Fenomena Alam Sekitarnya

Minggu, 17 April 2022 - 12:41 WIB
loading...
Keunikan Bulan Purnama Merah Muda dan Fenomena Alam Sekitarnya
Menurut NASA bulan purnama merah muda menerangi langit sepanjang akhir pekan ini dari Jumat pagi hingga Senin pagi (15-17 April 2022) dan puncaknya terjadi pada Sabtu 16 April 2022. Foto/Space.com/NASA/Preston Dyches
A A A
WASHINGTON - Purnama bulan April sangat unik karena punya nama yang manis yaitu purnama merah muda. Apalagi tahun ini purnama merah muda terbilang istimewa karena bertepatan dengan perayaan Paskah, Ramadhan , dan musim semi di seluruh dunia.

Menurut NASA bulan purnama merah muda menerangi langit sepanjang akhir pekan ini dari Jumat pagi hingga Senin pagi (15-17 April 2022) dan puncaknya terjadi pada Sabtu 16 April 2022. Menurut The Old Farmer's Almanac nama bulan merah muda dikaitkan dengan mekarnya tanaman Phlox subulata di musim semi, bunga liar merah muda asli Amerika Utara bagian timur.

Tanaman ini umumnya dikenal sebagai phlox merayap, phlox lumut, atau phlox gunung. Penduduk asli Amerika memberikan merah muda untuk bulan purnama April adalah penghormatan kepada musim semi.



Suku Dakota menjulukinya purnama bulan April sebagai "bulan ketika sungai dapat dilayari kembali". Sedangkan suku Tlingit menyebutnya "bulan tunas tanaman dan semak", mengacu pada akhir musim dingin dan kebangkitan pertumbuhan tanaman.

Dikutip SINDOnews dari laman ntd, Minggu (17/42022), berbeda dengan dua tahun terakhir, bulan merah muda April ini tidak akan menjadi supermoon. Namun, ada makna tersendiri yang tersimpan dalam cerita rakyat. “Bulan purnama di bulan April membawa embun beku. Jika bulan purnama terbit pucat, harapkan hujan,” keterangan The Old Farmer's Almanak.

Ahli Meteorologi Judson Jones mempunyai padangan tersendiri. Dia menilai pasti ada kemungkinan hujan atau embun beku akhir pekan ini. Bahkan ada juga kemungkinan tidak keduanya.



"Tetapi di beberapa daerah di Midwest, orang akan merasakan beberapa suhu pagi di bawah rata-rata akhir pekan ini, yang mungkin membuat mereka mengharapkan bulan pucat (merah muda)," katanya.

Setelah bulan purnama merah muda, masih ada delapan bulan purnama yang akan datang pada tahun 2022, dengan dua di antaranya memenuhi syarat sebagai supermoon. Berikut daftar bulan yang tersisa untuk tahun 2022;

16 Mei: Bulan Bunga (Flower moon)
14 Juni: Bulan Stroberi (Strawberry moon)
13 Juli: Bulan Buck (Buck moon)
11 Agustus: Bulan Sturgeon (Sturgeon moon)
10 September: Bulan Harvest (Harvest moon)
9 Oktober: Bulan Pemburu (Hunter’s moon)
8 November: Bulan Berang-berang (Beaver moon)
7 Desember: Bulan yang Dingin (Cold moon)
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7369 seconds (0.1#10.140)