Selasa, 19 April 2022 - 05:36 WIB
Perbandingan Suhu Paling Dingin di Tata Surya dengan di Bumi
Tempat paling dingin di tata surya diperkirakan bisa mencapai minus 270 derajat celcius. Tampak foto kawah bayangan bulan. Foto: ist
JAKARTA - Angkasa luar adalah tempat yang sangat dingin. Suhu paling dingin di angkasa luar bisa mencapai minus 270,45 derajat Celcius.

Tetapi suhu ini tidak konstan atau selalu sama di seluruh tata surya. Ada ruang yang jauh lebih dingin dibanding planet, bulan, atau asteroid. Sebab, letaknya jauh dari matahari. Maka, tidak menyerap energi yang berasal dari matahari.

Nah, apa tempat terdingin di tata surya? Dan bagaimana perbandingannya dengan suhu di Bumi?

Mengukur suhu kosmik ternyata bisa dilakukan dengan beberapa cara. ”Salah satunya, mengamati intensitas radiasi inframerah dan gelombang mikro yang dipancarkan dari permukaan,” ujar Ian Crawford, profesor astrobiologi di Birkbeck, Universitas London di Inggris. ”Suhu dapat diperkirakan berdasarkan jumlah sinar matahari yang mereka terima,” katanya.

Meski demikian, profesor astronomi di Universitas Warwick Inggris Don Pollacco menyebut bahwa pengukuran kosmik tidak selalu sederhana.

”Karena Anda selalu mengamati, bukan berinteraksi. Jadi, mengukur suhu kosmik adalah perkiraan. Tidak benar-benar akurat. Tergantung dari seberapa bagus asumsi Anda dan metode pengukuran,” katanya.

Lalu, berdasarkan poin di atas, apa tempat terdingin di tata surya? Apakah Pluto yang terjauh jaraknya dari matahari?

Ternyata, suhu terdingin di tata surya bisa ada di bulan. Pada 2009, pesawat ruang angkasa robotik NASA Lunar Reconnaissance Orbiter yang dirancang membantu ilmuwan lebih memahami kondisi di bulan, menyajikan data yang menunjukkan bahwa “kawah bayangan” di kutub selatan bulan bisa menjadi tempat terdingin di tata surya.

Kawah bayangan itu adalah kawah yang selalu gelap karena tidak pernah terpapar sinar matahari. Teori ini diungkap mahasiswa pascasarjana Patrick O'Brien dan peneliti planet di Universitas Arizona Shane Byrne.

Perbandingan Suhu Paling Dingin di Tata Surya dengan di Bumi

Menurut O'Brien dan Byrne, di bulan ada fenomena kawah berbayang ganda karena terlindungi dari iluminasi matahari langsung dan sumber pemanas sekunder seperti radiasi matahari. Kawah itu terlindung dari penerangan matahari selama miliaran tahun, sehingga bisa berisi senyawa seperti karbon dioksida, karbon monoksida, dinitrogen, dan argon yang menangkap dingin. Diperkirakan, suhunya bisa lebih dingin dari minus 248,15 Celcius.