3 Hewan ini Diketahui Bisa Mendengar Bunyi Infrasonik

Selasa, 19 April 2022 - 15:27 WIB
loading...
3 Hewan ini Diketahui Bisa Mendengar Bunyi Infrasonik
Hewan yang diketahui bisa mendengar bunyi infrasonik. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hewan yang bisa mendengar bunyi infrasoni k. Bunyi infrasonik merupakan bunyi yang memiliki frekuensi dibawah 20 Hz. Dengan frekuensi tersebut, manusia tidak bisa mendengarnya karena hanya bisa mendengar suara dengan frekuensi 20 Hz ke atas.

Lantas, hewan apa sajakah yang bisa mendengar bunyi infrasonik?. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

BACA JUGA - Hewan Melata Misterius Seukuran Ular Purba Titanoboa Menyerang Seorang Nelayan

1. Gajah

Dalam sebuah studi, Gajah diketahui bisa mendeteksi tanda-tanda akan datangnya gelombang Tsunami. Hal ini dikarenakan gajah menjadi salah satu hewan dapat mendengar bunyi infrasonik.

Dilansir situs Nature, bahkan penelitian telah menunjukan gajah menggunakan gelombang infrasonik untuk melakukan percakapan jarak jauh. Para peneliti telah memperhatikan ini dalam beberapa dekade terakhir.

Dalam sebuah kejadian yang terjadi di Thailand, seorang bernama Wit Aniwat terbangun oleh suara dari gajah. Sesaat setelahnya, gajah tersebut menjadi gelisah lantai melarikan diri. Namun, saat Wit hendak mengejarnya, sebuah gelombang Tsunami menerjang ke daratan. Hal tersebut lantas membuktikan bahwa gajah bisa mendengar bunyi infrasonik yang berasal dari gemuruh frekuensi rendah yang dihasilkan Tsunami tersebut.

2. Merpati

Merpati menjadi hewan berikutnya yang bisa mendengar suara infrasonik. Umumnya, burung hanya bisa mendengar paling sensitif dari sekitar 1-4 kHz. Namun, pada merpati dan beberapa spesies lain menunjukan respon terhadap bunyi infrasonik ini.

Dilansir dari situs Movie Cultists, dalam percobaan menggunakan pengkondisian detak jantung, merpati dapat mendeteksi suara infrasonik pada frekuensi serendah 0,5 Hz. Alasan merpati bisa mendengar bunyi infrasonik adalah karena neuron sensitif infrasonik ditelusuri kembali ke ujung apikal, abneural papilla basilar.

3. Badak

Hewan lainnya yang bisa mendengar suara infrasonik adalah badak. Badak dikenal sebagai hewan dengan pendengaran yang sangat baik. Tak hanya mendengar, bahkan mereka juga bisa berkomunikasi melalui suara infrasonik.

Dilansir situs vedantu, Badak diketahui mampu menghasilkan dan mendengar suara pada frekuensi serendah 4 Hz. Lebih baik dari kelelawar yang hanya bisa mendengar dari 9 Hz.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1373 seconds (10.55#12.26)