Uniknya Kawah di Pusat Planet Mars, Terlihat Seperti Sidik Jari Manusia

Jum'at, 22 April 2022 - 22:21 WIB
Uniknya Kawah di Pusat Planet Mars, Terlihat Seperti Sidik Jari Manusia
Gambar kawah Airy-0 di Mars yang diambil menggunakan Eksperimen Sains Pencitraan Resolusi Tinggi di Mars Reconnaissance Orbiter NASA 8 September 2021. Foto/NASA/JPL-Caltech/University of Arizona
FLORIDA - NASA merilis gambar menakjubkan dari kawah unik di planet Mars dengan punggung aneh dan bercahaya yang membuatnya tampak seperti sidik jari manusia. Kawah yang diberi nama Airy-0 ini secara resmi menandai titik tengah di Planet Merah.

Kawah pada foto tersebut berupa cekungan selebar 0,5 kilometer yang berada di dalam kawah Airy yang jauh lebih besar, yaitu sekitar 43,5 km. Gambar yang baru dirilis itu diambil pada 8 September 2021, menggunakan Eksperimen Sains Pencitraan Resolusi Tinggi di Mars Reconnaissance Orbiter NASA dan dibagikan oleh NASA dalam sebuah unggahan Instagram pada 11 April 2022.

Pada tahun 1884, para astronom awalnya memilih kawah Airy yang lebih besar untuk menandai meridian utama Mars, garis bujur nol derajat, titik Timur bertemu Barat. Di Bumi, meridian utama ditandai oleh Greenwich Royal Observatory di Inggris, yang menunjukkan batas antara belahan Timur dan Barat.

Kawah Airy dinamai astronom Inggris Sir George Biddell Airy, yang membangun teleskop di Greenwich Royal Observatory yang pertama kali melihat kawah besar itu. Para astronom memilih Airy untuk menandai meridian utama Mars karena cukup besar untuk dilihat oleh teleskop pada saat itu.

"Tetapi ketika foto beresolusi lebih tinggi tersedia, fitur yang lebih kecil diperlukan," tulis perwakilan NASA di Instagram. Para ilmuwan memilih Airy-0 untuk menggantikan Airy sebagai penanda meridian utama karena ukurannya tepat tetapi tidak memerlukan perubahan drastis pada peta yang ada, menurut postingan tersebut.

Menurut NASA kawah Airy terletak di wilayah yang dikenal sebagai Sinus Meridiani, yang diterjemahkan menjadi “Teluk Tengah.” Punggungan bercahaya di kawah dikenal sebagai pegunungan aeolian melintang (TARs).

“TAR adalah fitur yang biasa kita lihat di kawah dan tekanan lainnya di Mars,” kata Abigail Fraeman, seorang ilmuwan planet dan ilmuwan wakil proyek untuk penjelajah Curiosity NASA kepada Live Science yang dikutip SINDOnews, Jumat (22/4/2022).

Fraeman menjelaskan, punggungan itu terbentuk oleh bukit pasir yang tertutup oleh lapisan tipis debu. Debu yang menutupi TAR di Airy-0 kemungkinan besar adalah hematit, mineral yang terbuat dari oksida besi, yang melimpah di wilayah sekitarnya dan memberi warna abu-abu pada tanah di foto.