Kepulangan Awak Axiom-1 ke Bumi Ditunda Kembali Akibat Cuaca Buruk

Minggu, 24 April 2022 - 06:57 WIB
loading...
Kepulangan Awak Axiom-1 ke Bumi Ditunda Kembali Akibat Cuaca Buruk
Empat astronot pribadi dari misi Axiom Space Ax-1 saat berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/Axiom Space
A A A
FLORIDA - Rencana kepulangan 4 astronot komersial Axiom Space ke Bumi kembali ditunda akibat cuaca buruk pada Sabtu 23 April 2022. NASA, SpaceX, dan Axiom Space, memutuskan untuk menunggu setidaknya satu hari lagi bagi para kru Axiom-1 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) .

Jadwal peluncuran pesawat ruang SpaceX Dragon dari ISS yang membawa 4 astronot Axiom-1 (Ax-1) pada Sabtu 23 April 2022 dibatalkan karena angin kencang menerpa lokasi pendaratan di lepas pantai Florida. Untuk itu, manajer misi menargetkan lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dilakukan Minggu, 24 April 2022 pukul 20:55 EDT.

“Pada akhir briefing cuaca menjelang undocking yang direncanakan hari ini, tim NASA, Axiom Space, dan SpaceX memilih untuk membatalkan hari ini karena palung angin rendah diurnal yang telah menyebabkan angin kencang di lokasi splashdown," tulis pejabat NASA dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Minggu (24/4/2022).



Misi SpaceX Ax-1 diluncurkan pada 8 April 2022 dan menerbangkan empat astronot komersial Axiom Space, tiga di antaranya adalah penumpang berbayar, ke stasiun luar angkasa internasional (ISS). Keempat astronot itu adalah komandan Michael López-Alegría, mantan astronot NASA; dan penumpang yang membayar Larry Connor, seorang pengusaha Amerika; Mark Pathy, seorang pengusaha Kanada; dan investor dan pengusaha Israel Eytan Stibbe.
Kepulangan Awak Axiom-1 ke Bumi Ditunda Kembali Akibat Cuaca Buruk


Connor, Pathy, dan Stibbe masing-masing membayar USD55 juta untuk penerbangan tersebut. Selama perjalanan, para astronot Ax-1 telah melakukan serangkaian eksperimen, membantu membuat NFT di stasiun, melakukan kegiatan pendidikan dan menikmati pengalaman penerbangan luar angkasa.



Misi Ax-1 awalnya diperkirakan akan berlangsung sekitar 10 hari, delapan hari di antaranya di stasiun luar angkasa internasional. Namun, durasinya diperpanjang setelah masalah cuaca mencegah rencana undocking pada Selasa (19 April 2022). Jika kapsul Ax-1 Dragon dapat lepas landas pada Minggu malam, kapsul itu diperkirakan akan mendarat di lepas pantai Florida sekitar pukul 1 siang. EDT (1700 GMT) pada hari Senin, 25 April.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2466 seconds (0.1#10.140)