4 Astronot Kru Axiom-1 Tinggalkan ISS dengan SpaceX Dragon

Senin, 25 April 2022 - 11:36 WIB
loading...
4 Astronot Kru Axiom-1 Tinggalkan ISS dengan SpaceX Dragon
Kapsul SpaceX Dragon Axiom-1, bernama Endeavour, telah dilepas dari lab di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/Space.com
A A A
HOUSTON - Kapsul SpaceX Dragon Axiom-1, bernama Endeavour, telah dilepas dari lab di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hari ini (24 April 2002 pukul 21:10 EDT atau 1310 GMT pada 25 April). Endeavour dan empat astronot akan turun di lepas pantai Florida pada Senin (25 April 2002 pukul 13:06. EDT atau pukul 1706 GMT), jika semuanya berjalan sesuai rencana.

“Sekali lagi terima kasih atas semua dukungan melalui petualangan luar biasa yang kami alami ini,” komandan misi Axiom-1 Michael López-Alegría mengirim radio kendali misi NASA di Houston setelah lepas landas dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Senin (25/4/2022).

Kepulangan kru Axiom-1 (Ax-1) dari Stasiun Luar Angkasa Intenasional (ISS) sempat ditunda beberapa kali. Kru Ax-1 awalnya dijadwalkan lepas landas pada Selasa pagi (19 April) dan tiba di Bumi pada Rabu pagi (20 April).



Namun, cuaca buruk yang diprediksi di zona splashdown (pendaratan) membuat segalanya mundur sekitar 12 jam. Dan kondisi buruk ini terus berlanjut, menyebabkan penundaan tambahan hingga Endeavour akhirnya bisa melanjutkan perjalanan ke Bumi hari ini.

“(Perjalanan ini) Bahkan lebih lama dan lebih menarik dari yang kami duga. Kami sangat menghargai profesionalisme Anda, dan dengan itu kami akan menandatanganinya,” lanjut Michael López-Alegría.

Misi tersebut diselenggarakan oleh perusahaan Houston Axiom Space dan dipimpin oleh López-Alegría, mantan astronot NASA yang sekarang menjabat sebagai wakil presiden pengembangan bisnis Axiom. Tiga penumpang lainnya adalah pelanggan yang membayar, Larry Connor dari Amerika, Mark Pathy dari Kanada, dan Eytan Stibbe dari Israel, yang masing-masing membayar sekitar USD55 juta.

Stibbe adalah orang Israel kedua yang pernah mencapai luar angkasa. Yang pertama, Ilan Ramon, meninggal bersama enam awaknya dalam bencana pesawat ulang-alik Columbia pada tahun 2003. Stibbe dan Ramon berteman.



Ax-1 bukan hanya satu kali untuk Axiom Space. Perusahaan telah memesan beberapa misi lain ke lab yang mengorbit dengan SpaceX, dan juga berencana untuk mulai mengoperasikan stasiun ruang angkasa pribadinya sendiri di orbit Bumi pada akhir 2020-an.

Meskipun Ax-1 adalah misi awak semua swasta pertama ke ISS, ini bukan upaya pertama untuk mencapai orbit Bumi. Misi swasta Inspiration4 mengirim empat orang ke orbit di sekitar Bumi dalam kapsul Naga selama tiga hari pada September 2021.

Meskipun ada penundaan kepulangan, waktu ekstra yang dihabiskan Ax-1 di atas ISS tidak menimbulkan biaya tambahan untuk Axiom Space. “Kontrak yang dinegosiasikan perusahaan dengan NASA mencakup Ax-1 untuk beberapa hari darurat,” kata juru bicara agensi kepada Space.com.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2516 seconds (0.1#10.140)