Sabtu, 30 April 2022 - 16:00 WIB
Megaraptor Terbesar dan Terbuas Ditemukan di Argentina
Megaraptor yang ditemukan di Argentina merupakan yang terbesar saat ini. Foto/IST
ARGENTINA - Paleontologi baru-baru ini telah berhasil menemukan dinosaurus raptor terbesar yang pernah ada. Spesies baru yang dikenal sebagai Maip macrothorax itu merupakan superpredator dari keluarga dinosaurus raptor.

Megaraptor yang meiliki tubuh sepanjang 10 meter itu diyakini meneror penghuni hutan yang ada di Argentina pada 70 juta tahun yang lalu. Dibekali dengan kemampuan berlari yang tinggi membuat megaraptor jadi pemburu yang menakutkan.

Dari segi ukuran, Maip macrothorax merupakan megaraptor terbesar yang ditemukan sejauh ini. Maip macrothorax, selain memiliki panjang 10 meter juga berat yang mencapai 5 ton.

Megaraptor Terbesar dan Terbuas Ditemukan di Argentina

Bagi banyak orang, nama macrothorax memang terdengar aneh. Namun nama itu diberikan mengacu pada rongga dada besar makhluk itu, sedangkan "Maip" adalah nama roh jahat dari mitologi orang Tehuelches, penduduk asli Patagonia tempat fosil itu ditemukan.

"Maip mewakili bayangan yang ditinggalkan kematian di belakangnya, sementara kami membayangkan bahwa, selama Kapur, pemangsa besar dengan ukurannya yang sangat besar ini akan menyebabkan sesuatu yang serupa," kata Mauro Aranciaga Rolando, peneliti yang menemukan fosil Maip macrothorax.

Diketahui dari segi daya rusak, megaraptor memang masih kalah dari Tyrannosaurus Rex (T-Rex). Hanya saja dari penampilan, megaraptor jauh lebih menakutkan.

Kemampuan megaraptor berlari berkat kaki yang panjang dan ramping menunjukkan bahwa mereka ringan dan sangat gesit. Megaraptor juga dikenal ganas dan tidak kenal ampun saat memangsa korbannya. Setelah mereka mengejar mangsanya, mereka akan mencengkeramnya dengan lengan mereka yang luar biasa gemuk, mencabik makanan mereka dengan cakar melengkung berukuran hingga 35 centimeter.