Bak Film Armageddon, China Ingin Belokkan Asteroid untuk Selamatkan Bumi

Selasa, 03 Mei 2022 - 10:10 WIB
loading...
Bak Film Armageddon, China Ingin Belokkan Asteroid untuk Selamatkan Bumi
China akan menerbangkan roket mereka lalu menabrakannya ke asteroid yang dianggap mengancam bumi. Foto: dok Space
A A A
CHINA - China dilaporkan tengah merencanakan misi untuk menahan asteroid sebagai bagian dari upaya melindungi planet Bumi. Dikatakan bahwa uji coba akan dilakukan pada 2025 mendatang.

Caranya, China akan menerbangkan roket mereka lalu menabrakannya ke asteroid yang ditargetkan. Harapannya, asteroid tersebut dapat berbelok sehingga tidak lagi berbahaya bagi Bumi.

Wu Yanhua, Wakil Direktur China National Space Administration (CNSA) telah mengkonfirmasi rencana ini kepada China Central Television (CCTV).

Dalam pernyataannya, Wu menyebut bahwa rencana ambisius tersebut saat ini masih dalam tahap studi teknis dan penelitian, seperti dilansir dari Space.com.

Lewat makalah penelitian tertulis, Wu mengatakan bahwa tujuan utama misi tersebut adalah untuk membangun sistem pertahanan objek dekat-bumi, dan meningkatkan kapasitas pemantauan objek dekat-Bumi.

Diketahui bahwa China memang tengah aktif dalam upaya mempertahankan planet belakangan ini termasuk mengadakan Konferensi Pertahanan Planet pertama pada Oktober 2021.

Upaya penyelamatan Bumi dari asteroid dengan cara menabrakan roket sebenarnya bukanlah yang pertama. Ide ini juga telah dicanangkan NASA pada 2021 silam.



Belum jelas bagaimana teknis yang akan dilakukan China nantinya pada saat uji coba. Kita lihat saja nanti pada 2025 mendatang. Diharapkan ide ini benar-benar bisa menyelamatkan Bumi dari asteroid.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)