Berkomunikasi dengan Alien, Ilmuwan Sebut Butuh Waktu 400.000 Tahun

Kamis, 05 Mei 2022 - 18:22 WIB
Berkomunikasi dengan Alien, Ilmuwan Sebut Butuh Waktu 400.000 Tahun
NASA diduga melibatkan pemuka agama untuk melawan Alien. FOTO/ IST
LONDON - Para ahli luar angkasa percaya bahwa proses menghubungi alien di alam semesta kemungkinan akan memakan waktu hingga 400.000 tahun.

Seperti dilansir dari Daily Star, Kamis (5/5/2022, mereka mengatakan bahwa periode diperlukan sebelum manusia menerima umpan balik dari alien.

Bulan lalu, tim ilmuwan internasional Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) mengatakan mereka berencana mengirim pesan ke bintang-bintang jauh di luar angkasa melalui gelombang radio. Itu dilakukan sebagai upaya untuk menghubungi alien.

Namun, sebuah laporan baru-baru ini oleh para peneliti Beijing Normal University menyatakan bahwa tim ilmuwan NASA mungkin tidak mendapatkan tanggapan dari alien selama sisa hidup mereka.

Ini karena, untuk menerima tanggapan dari makhluk yang perlu memahami pesan yang dikirim, mungkin diperlukan waktu ratusan ribu tahun.

Peneliti universitas mengatakan bahwa, prosesnya diperkirakan memakan waktu 2.000 tahun.

“Sebagai satu-satunya peradaban cerdas yang maju di Bumi, salah satu pertanyaan yang semakin membingungkan adalah apakah keberadaan manusia itu unik,''

"Alasan mengapa kita masih belum menerima sinyal apa pun dari makhluk luar angkasa adalah karena umur komunikasi manusia mungkin tidak cukup lama," kata penulis studi Wenjie Song.

Laporan yang dimuat dalam The Astrophysical Journa l juga menyatakan bahwa manusia mungkin tidak menerima sinyal apapun dari alien sebelum punah dari muka bumi.