4 Hewan ini Punya Penglihatan Paling Tajam

Jum'at, 06 Mei 2022 - 06:17 WIB
loading...
4 Hewan ini Punya Penglihatan Paling Tajam
Hewan ini Punya Penglihatan Paling Tajam. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hewan meskipun tidak memiliki akal yang cerdas seperti manusia tetaplah memiliki kelebihan di sisi lain. Contohnya seperti indra penglihatan, terdapat beberapa hewan yang memiliki pengelihatan yang tajam.



Penglihatan yang tajam pada hewan ini sangat berguna di alam liar. Fungsi penglihatan yang tajam pada hewan ini dapat digunakan untuk berburu mangsa, selain itu juga dapat digunakan untuk mengawasi musuh atau pemangsa.
Ini adalah 4 hewan dengan penglihatan paling tajam.

1. Elang

Kebanyakan burung pemangsa memang memiliki mata yang tajam, namun elang lebih unggul dari yang lain. Mereka memiliki saraf mata lima kali lebih banyak dibanding mata manusia. Sehingga mata elang dapat mentransfer gambar yang lebih rinci ke otak untuk diproses.

Elang juga dapat dengan cepat mengalihkan fokus, memungkinkan mereka untuk "memperbesar" jarak pandang mangsanya. Selain itu mereka dapat melihat rentang warna yang lebih luas daripada yang kita bisa, memungkinkan mereka untuk membedakan perubahan kecil dalam warna mangsanya, serta melihat sinar UV.

2. Burung Hantu

Burung Hantu memiliki mata berjenis binocular, meskipun memiliki mata yang besar tidak dapat bergerak atau berputar seperti mata manusia, burung hantu dapat menggerakkan kepala mereka hampir ke segala arah, memungkinkan mereka untuk memiliki jangkauan penglihatan 270 derajat tanpa menggerakkan tubuh mereka.

Iris Burung Hantu bisa melebar untuk memungkinkan lebih banyak cahaya mencapai retina mereka di malam hari. Karena irisnya ini, burung hantu juga bisa melihat di siang hari (tidak seperti hewan nokturnal lainnya yang hanya bisa melihat dengan baik di malam hari), namun penglihatannya agak kabur dan tidak bisa melihat warna dengan baik.

3. Udang Mantis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1913 seconds (0.1#10.140)