4 Hewan yang Kawin dengan Spesies yang Berbeda untuk Bertahan Hidup

Jum'at, 20 Mei 2022 - 15:47 WIB
loading...
4 Hewan yang Kawin dengan Spesies yang Berbeda untuk Bertahan Hidup
Hewan yang Kawin dengan Spesies yang Berbeda untuk Bertahan Hidup. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hewan yang suka kawin dengan spesies yang berbeda mungkin terdengar tak lazim, namun faktanya ada hewan yang melakukan itu untuk menjaga keberlangsungan hidup populasi atau spesiesnya.

Namun bagaimana jika perkawinan tersebut dilakukan oleh hewan yang berbeda spesies? Tentunya akan menghasilkan spesies baru.

BACA JUGA - Hewan Melata Misterius Seukuran Ular Purba Titanoboa Menyerang Seorang Nelayan

Perkawinan yang dilakukan antar spesies ini memang jarang terjadi di alam liar, karena kecenderungan hewan untuk berkelompok dengan sesamanya. Selain itu, hewan yang lahir dari perkawinan beda spesies ini juga dimungkinkan akan dijauhi bahkan tidak diterima di kelompok manapun. Sehingga kemungkinan bertahan hidupnya kecil.

Hewan yang melakukan perkawinan silang atau beda spesies ini lebih sering dibantu tangan manusia. Sehingga tidak perlu khawatir anaknya nanti akan tidak terawat. Ini adalah 4 perkawinan hewan beda spesies diantaranya :

1. Kuda Betina dengan Keledai Jantan

Perkawinan hewan beda spesies yang pertama yaitu antara kuda betina dengan keledai jantan. Dua spesies ini menghadirkan spesies baru yang dikenal dengan nama Mule, atau bila di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Bagal.

Hewan ini biasa dijadikan hewan pengangkut barang, karena fisik hewan ini yang lebih tegap dibanding keledai, meskipun begitu mule tidak bisa berlari secepat kuda.

2. Entok Betina dengan Bebek Jantan

Selanjutnya ada perkawinan hewan yang berasal dari sesama unggas, antara entok betina dengan bebek jantan. Perkawinan ini menghasilkan spesies bernama Tongki atau di Indonesia biasa disebut Bebek Brati.
Spesies ini biasanya sering dijumpai di peternakan yang memelihara bebek dan entok satu kandang, sehingga rentan terjadinya perkawinan antar spesies ini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1399 seconds (10.55#12.26)