Gelombang Panas Ekstrem Paksa Monster Penghuni Laut Dalam Muncul ke Permukaan?

Minggu, 22 Mei 2022 - 19:22 WIB
loading...
Gelombang Panas Ekstrem Paksa Monster Penghuni Laut Dalam Muncul ke Permukaan?
Ilustrasi Megalodon dan gurita raksasa penghuni laut terdalam. FOTO/ IST
LONDON - Fenomena cuaca panas ekstrem membuat sebagian besar negara mengalami gelombang panas di atas rata-rata hawa panas itu hingga laut dalam (di bawah 700m). Hal itu ditakutkan membuat mahluk-mahluk penunggu laut dalam muncul ke atas lautan.

Menurut penelitian terbaru dari University of Exeter dan University of Brest. Lautan telah menyerap sekitar 90% dari pemanasan yang disebabkan oleh manusia.

BACA JUGA - Hewan Melata Misterius Seukuran Ular Purba Titanoboa Menyerang Seorang Nelayan

Studi ini menemukan bahwa di Atlantik Utara subtropis (25 ° LU), 62% pemanasan dari tahun 1850-2018 terjadi di laut dalam.



Para peneliti memperkirakan bahwa lautan dalam akan menghangat lebih lanjut 0,2°C dalam 50 tahun ke depan.

Pemanasan laut dapat memiliki berbagai konsekuensi termasuk kenaikan permukaan laut, perubahan ekosistem, arus dan kimia, dan deoksigenasi.

"Saat planet kita menghangat, sangat penting untuk memahami bagaimana kelebihan panas yang diambil oleh lautan didistribusikan kembali di interior laut mulai dari permukaan hingga ke dasar, dan penting untuk memperhitungkan lautan dalam untuk menilai pertumbuhan 'ketidakseimbangan energi' Bumi," kata Dr. Marie-José Messias, dari University of Exeter tertulis di website resmi kampus tersebut.

"Selain menemukan bahwa laut dalam menyimpan banyak panas berlebih ini, penelitian kami menunjukkan bagaimana arus laut mendistribusikan panas ke berbagai wilayah. Kami menemukan bahwa redistribusi ini adalah pendorong utama pemanasan di Atlantik Utara."

Seperti diketahui, lautan masih menyimpan banyak misteri yang belum terungkap, terutamanya di wilayah laut dalam yang minim cahaya dan oksigen serta bertekanan tinggi. Lingkungan tersebut menyulitkan manusia untuk menjelajah dengan mudah, bahkan dengan teknologi canggih yang ada saat ini.

Lingkungan yang demikian didiami oleh penghuni dengan penampilan aneh, bahkan beberapa di antaranya berukuran raksasa.



Beberapa makhluk ini mengalami sebuah fenomena yang disebut sebagai deep sea gigantism. Makhluk penghuni laut akan berukuran lebih besar dibandingkan saudara-saudaranya yang tinggal di perairan dangkal. Sebut saja hiu purba Megalodon dan Gurita Raksasa Otopus.
(wbs)
KOMENTAR ANDA