Ilmuwan Inggris Temukan Fakta Bahwa Jamur Bisa Berbicara

Selasa, 24 Mei 2022 - 07:06 WIB
loading...
Ilmuwan Inggris Temukan Fakta Bahwa Jamur Bisa Berbicara
Jamur ternyata bisa bicara dengan 50 kata. FOTO/ IST
LONDON - Organisme jamur beragam, baik itu jamur liar di hutan, atau jamur biasa dalam kehidupan sehari-hari, semuanya membuat orang merasa itu sangat misterius dan menarik.

Seperti dilansir dari Science, para ilmuwan Inggris menemukan bahwa jamur sebenarnya dapat ‘berbicara’ dengan rekan-rekan mereka, dan bisa berkomunikasi lebih dari 50 kata.

BACA JUGA - Spesies Pohon Aneh dengan Buah Mirip Lentera Ditemukan di Hutan Amazon

Kata-kata yang dikomunikasikan jamur sangat dekat dengan distribusi bahasa manusia, mereka memberitahu teman mereka bahwa ada bahaya atau makanan melalui aktivitas gelombang listrik.



Ilmuwan Inggris Andrew Adamatzky melakukan eksperimen dan pengamatan pada empat jamur berbeda: Enoki, Caterpillar Fungi, Ghost Fungus, dan Split Gill. Ternyata jamur dapat berkomunikasi dengan mengirimkan sinyal elektromagnetik melalui ‘hifa’, dan para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari 50 kata dari percakapan mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa jamur dapat melakukannya, dalam beberapa kasus, mengirim sinyal elektromagnetik untuk bertukar pesan dengan tetangga mereka.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa jamur berkomunikasi melalui gelombang radio untuk menjaga keutuhan kelompok, seperti serigala menggunakan lolongan serigala untuk melindungi fungsi kelompok.

Yang lebih menakjubkan lagi adalah cara jamur berkomunikasi sangat mirip dengan cara sel saraf manusia mentransmisikan. Ilmuwan percaya bahwa tidak mudah menyimpulkan bahasa jamur.
(wbs)
KOMENTAR ANDA