Fosil Dinosaurus Naga Kematian Ditemukan di Argentina, Punya Lebar Sayap 9 Meter

Kamis, 26 Mei 2022 - 16:48 WIB
Ahli paleontologi Leonardo D. Ortiz David berdiri di samping rekonstruksi Thanatosdrakon seukuran aslinya di Laboratorium dan Museum Dinosaurus di Universitas Nasional Cuyo di Mendoza, Argentina. Foto/Leonardo D. Ortiz David/LiveScience
BUENO AIRES - Spesies pterosaurus terbesar di Amerika Selatan, fosilnya ditemukan para peneliti Argentina di Formasi Plottier, provinsi Mendoza. Thanatosdrakon yang dijuluki Naga Kematian, merupakan pterosaurus terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Selatan.

Lebar sayap kedua spesimen tersebut masing-masing berukuran sekitar 7 meter dan lebar 9 meter. Para peneliti mengkonfirmasi bahwa mereka adalah azhdarchids, keluarga pterosaurus yang hidup pada akhir periode Cretaceous (sekitar 146 juta hingga 66 juta tahun yang lalu).

“Azhdarchids dikenal karena tengkorak mereka yang sangat besar, kadang-kadang lebih besar dari tubuhnya. Mereka punya leher yang sangat panjang dan tubuh yang pendek dan kuat,” kata Leonardo D Ortiz David, dari Laboratorium dan Museum Dinosaurus Argentina di Mendoza, kepada Live Science yang dikutip SINDOnews, Kamis (26/5/2022).

Para ilmuwan mengidentifikasi pterosaurus sebagai dua individu dalam spesies Thanatosdrakon amaru. Ini adalah satu-satunya spesies dalam genus, yang berarti Naga Kematian, dalam bahasa Yunani. Nama spesies, Amaru diterjemahkan sebagai Ular Terbang dari bahasa Quechuan, yang mengacu pada Amaru, dewa Inca berkepala dua.

Para peneliti menentukan bahwa kedua pterosaurus mati pada saat yang sama dan yang satu belum sepenuhnya tumbuh. Namun para ilmuwan tidak dapat memastikan apakah kedua hewan tersebut merupakan bagian dari kelompok keluarga.

“Tidak ada indikasi dalam sisa-sisa fosil tingkat hubungan keluarga. Namun, dapat dipastikan bahwa kedua spesimen memiliki ukuran yang berbeda, dan yang lebih kecil adalah remaja-subdewasa, dan mereka bersama-sama ketika mereka meninggal lebih dari 86 juta tahun yang lalu,” kata Ortiz David.

Fosil-fosil itu ditemukan selama penggalian untuk proyek konstruksi sipil sekitar 800 kilometer di luar ibu kota Mendoza. Ortiz David dan timnya sedang mengawasi penggalian ketika mereka menemukan fragmen fosil di dalam endapan dataran banjir.

Mendoza, tempat Aconcagua, merupakan gunung tertinggi di Amerika, juga terkenal di kalangan ahli paleontologi untuk penemuan dinosaurus penting lainnya. Termasuk sauropoda raksasa Notocolossus, salah satu dinosaurus terbesar di dunia, pada tahun 2016.

“Fosil [Thanatosdrakon] berada dalam kondisi pelestarian yang berbeda; beberapa di antaranya lengkap, seperti humeri [tulang lengan besar], sinkarpal [tulang kaki menyatu] dan vertebra punggung,” katanya.

Thanatosdrakon merupakan Pterosaurus raksasa yang dijuluki naga kematian, merupakan reptil terbang yang hidup bersama dinosaurus selama periode Kapur. Foto/Leonardo D. Ortiz David/LiveScience

Ortiz David mengatakan bahwa penemuan fosil dalam kondisi yang begitu baik oleh tim sangat mengejutkan, karena tulang pterosaurus rapuh, dan fosil biasanya ditemukan dalam potongan-potongan kecil.

“Deskripsi spesimen baru selalu penting untuk paleontologi vertebrata, karena mereka menjelaskan kelompok berbeda yang sedang dipelajari. Dalam kasus khusus ini, elemen 3D pterosaurus besar langka, menjadikan Thanatosdrakon sebagai studi kasus yang sangat baik,” kata Ortiz.

Fosil-fosil tersebut saat ini disimpan di Laboratorium dan Museum Dinosaurus di Universitas Nasional Cuyo di Mendoza. Untuk membantu melestarikan spesimen, para ahli di museum membuat cetakan fosil yang berbeda pada skala 1:1.