Ancaman Nyata Akibat Perubahan Iklim Intai Jakarta Utara

Senin, 30 Mei 2022 - 12:25 WIB
loading...
Ancaman Nyata Akibat Perubahan Iklim Intai Jakarta Utara
Wilayah di Jakarta Utara berpotensi terdampak banjir akibat perubahan iklim global. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Indonesia menghadapai ancaman nyata yang ditimbulkan oleh perubahan iklim global . Salah satu peristiwa yang menjadi sorotan yakni bencana banjir pesisir atau banjir rob yang terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Namun ternyata bukan hanya Semarang saja wilayah di Jakarta Utara menghadapi ancaman bencana banjir rob akibat naiknya permukaan air laut.



Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga di sembilan wilayah di Jakarta Utara untuk waspada.

Peringatan ini disampaikan dengan melihat kenaikan tinggi muka air Pintu Air Pasar Ikan menjadi 252 sentimeter dari ukuran normal di bawah 170 sentimeter, dengan status siaga satu.

BPBD DKI melalui laman Twitter @BPBDJakarta, Sabtu (28/5/2022), menjelaskan ketinggian muka air Pintu Air Pasar Ikan mulai naik sejak pukul 17.00 WIB dengan status siaga dua dengan ketinggian air laut mencapai 208 centimeter.

Adapun ketinggian muka air normal di Pintu Air Pasar Ikan adalah di bawah 170 sentimeter.

BPBD DKI memetakan sembilan wilayah di Jakarta Utara yang berpotensi terdampak rob di antaranya Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru.

BPBD DKI memperluas informasi ketinggian air melalui media sosial, pesan singkat hingga kepada camat dan lurah agar dapat melakukan antisipasi dini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)