Ada Kebocoran Bahan Bakar, Misi Kargo SpaceX ke ISS Dibatalkan

Selasa, 07 Juni 2022 - 07:37 WIB
loading...
Ada Kebocoran Bahan Bakar, Misi Kargo SpaceX ke ISS Dibatalkan
SpaceX memutuskan menunda misi kargo Dragon ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang dijadwalkan diluncurkan pada Jumat 10 Juni 2022. Foto/NASA/Spaceflight Now
A A A
FLORIDA - SpaceX memutuskan menunda misi kargo Dragon ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang dijadwalkan diluncurkan pada Jumat 10 Juni 2022. Rencana peluncuran dari Cape Canaveral, Florida, ditunda karena terdeteksi ada kebocoran selama pengisian bahan bakar.

SpaceX mendeteksi ada peningkatan uap dari bahan bakar monometil hidrazin atau MMH, di "wilayah terisolasi" dari sistem propulsi pesawat ruang angkasa Dragon selama pengisian propelan menjelang peluncuran minggu ini.

Pengisian bahan bakar pesawat ruang angkasa Dragon merupakan tahap terakhir untuk mempersiapkan kapsul untuk penerbangan. Biasanya, pengisian bahan bakar dilakukan tepat sebelum SpaceX memindahkan pesawat ke landasan peluncuran untuk diintegrasikan dengan roket Falcon 9.

Baca juga; Elon Musk Bangga Roket SpaceX Digunakan oleh NASA

Pesawat ruang angkasa Dragon memiliki tangki propelan yang berisi bahan bakar hidrazin dan oksidator nitrogen tetroksida. Kedua propelan menyala saat kontak satu sama lain, memberikan dorongan untuk mesin pendorong Draco pada kapal kargo yang digunakan untuk bermanuver di orbit.

Setiap pesawat ruang angkasa Dragon memiliki 16 pendorong Draco, mesin roket kecil yang menghasilkan sekitar 90 pon daya dorong. Mesin Draco digunakan untuk membakar penyesuaian orbit dan mengontrol pendekatan pesawat ruang angkasa ke stasiun luar angkasa.

“Tim pemrosesan darat SpaceX, yang bekerja di fasilitas perbaikan Dragon di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, menurunkan bahan bakar dan oksidator dari area pesawat ruang angkasa dengan pembacaan uap hidrazin yang meningkat,” keterangan NASA dikutip SINDOnews dari laman Spaceflight Now, Selasa (7/6/2022).

Baca juga; SpaceX Terima Pembayaran Pakai Dogecoin untuk Misi ke Bulan

Beberapa sumber mengatakan kepada Spaceflight Now, kebocoran bahan bakar hidrazin bisa menjadi penyebab peningkatan uap, namun NASA mengatakan sumber uap tersebut belum diidentifikasi. “Setelah diketahui penyebabnya, tim gabungan NASA dan SpaceX akan menentukan dan mengumumkan tanggal peluncuran baru,” lanjut keterangan NASA.
Ada Kebocoran Bahan Bakar, Misi Kargo SpaceX ke ISS Dibatalkan


Pesawat ruang angkasa Dragon untuk misi kargo ini diberi nama C208 menggunakan kapsul yang dapat digunakan kembali. Pesawat ruang angkasa itu telah terbang ke stasiun luar angkasa dua kali sebelumnya, terakhir dalam misi pasokan untuk 32 hari pada Agustus dan September 2021.

Misi pemasokan Dragon berikutnya, yang dikenal sebagai CRS-25, akan menjadi penerbangan kargo ke-25 SpaceX ke stasiun luar angkasa di bawah kontrak dengan NASA. Kapsul Dragon dalam misi CRS-25 akan mengirimkan lebih dari 4.500 pon makanan, persediaan, dan eksperimen ke laboratorium penelitian di orbit.

Pesawat ruang angkasa juga akan mengangkut instrumen ilmu bumi ke stasiun untuk memantau komposisi mineral partikel debu di daerah gurun di seluruh dunia. Instrumen ini dikembangkan di Laboratorium Propulsi Jet NASA, instrumen Investigasi Sumber Debu Mineral Permukaan Bumi (EMIT), sudah terpasang di dalam bagasi pesawat ruang angkasa Dragon.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1309 seconds (10.55#12.26)