5 Hewan Purba Laut Tertua yang Masih Ada, Nomor 5 Lebih Tua dari Dinosaurus

Selasa, 07 Juni 2022 - 12:28 WIB
loading...
5 Hewan Purba Laut Tertua yang Masih Ada, Nomor 5 Lebih Tua dari Dinosaurus
Sedikitnya ada lima hewan purba laut tertua yang masih ada sampai sekarang. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima hewan purba laut tertua yang masih ada sampai sekarang. Secara definisinya, hewan purba bisa diartikan sebagai hewan yang pernah hidup pada masa lampau.

Dalam hal ini, sebagian besar hewan purba diketahui telah punah dan hanya menyisakan fosil-fosilnya saja. Namun, ternyata ada juga beberapa diantara mereka yang masih eksis hingga saat ini. Uniknya, sebagian dari mereka tidak banyak terpengaruh perubahan atau evolusi.
Baca juga : Tulang Hewan Purba dari Zaman Es Terakhir Ditemukan di Inggris

Berikut beberapa hewan purba laut tertua yang masih ada sampai sekarang seperti dikutip dari berbagai sumber :

1. Hiu Berjumbai

Dalam penampilannya, hewan purba laut ini tidak terlihat seperti Hiu, melainkan seperti Belut. Namun, jangan salah sangka, Hiu Berjumbai memiliki panjang sekitar lima kaki dan mempunyai gigi tajam sebanyak 300 buah.

Dikutip dari National Geographic, Hiu Berjumbai atau Frilled Shark ini kerap disebut sebagai ‘Fosil Hidup’. Alasannya adalah karena hewan ini telah ada sejak 80 juta tahun yang lalu.

Dari rentang waktu tersebut, Hiu Berjumbai tidak banyak mengalami perubahan. Layaknya hiu modern, mereka juga memiliki rahang berengsel yang dapat menangkap mangsa besar dengan gigi runcingnya.

Selain itu, Hiu Berjumbai juga diketahui telah berenang di kedalaman lautan sejak zaman dinosaurus.

2. Udang Kecebong

Spesies udang ini menjadi salah satu hewan purba laut tertua di dunia. Pemilik nama latin Triops Cancriformis ini diketahui telah ada sejak 220 juta tahun yang lalu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1083 seconds (10.55#12.26)