Begini Bentuk dan Jeroan Stasiun Luar Angkasa China, Bisa Beroperasi 15 Tahun

Minggu, 12 Juni 2022 - 10:48 WIB
loading...
Begini Bentuk dan Jeroan Stasiun Luar Angkasa China, Bisa Beroperasi 15 Tahun
Keberhasilan peluncuran misi berawak Shenzhou-14 pada tanggal 5 Juni, membuat China berada di jalur cepat untuk menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong. Foto/news.cgtn
A A A
BEIJING - Keberhasilan peluncuran misi berawak Shenzhou-14 pada tanggal 5 Juni, membuat China berada di jalur cepat untuk menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong . Stasiun Luar Angkasa ini akan menjadi laboratorium luar angkasa nasional milik negeri Tirai Bambu ini.

Bentuk stasiun luar angkasa ini merupakan perluasan dari modul inti dasar Tianhe yang saat ini mengorbit Bumi. Bentuk stasiun luar angkasa ini menjadi struktur tiga modul dasar berbentuk T, dengan modul Tianhe di tengah dan dua modul lab Wentian dan Mengtian (yang segera diluncurkan) di setiap sisinya.

Dikutip SINDOnews dari laman news.cgtn, Minggu (12/6/2022),modul Wentian dijadwalkan tiba pada bulan Juli, dan modul Mengtian pada bulan Oktober 2022. Ketika dua kapsul lab ditempatkan, stasiun ruang angkasa akan memiliki luas ruang total lebih dari 110 meter kubik, dengan enam kamar tidur dan dua kamar mandi, yang dapat menampung hingga enam astronot.

Baca juga; Pesawat Kargo China Mendarat di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Sebagai laboratorium antariksa nasional, dilengkapi sebanyak 25 lemari eksperimen ilmiah dalam tiga modul. Setiap kabinet seperti laboratorium mini yang sangat fungsional yang dapat mendukung eksperimen dalam disiplin ilmu tertentu.

Kompleks stasiun luar angkasa ini akan beroperasi di orbit rendah Bumi pada ketinggian sekitar 340 km hingga 450 km di atas permukaan bumi. Stasiun luar angkasa Ini dirancang mampu beroperasi sampai 10 tahun, tetapi para ahli percaya bisa beroperasi lebih dari 15 tahun dengan perawatan yang tepat.

Modul Inti Tianhe
Begini Bentuk dan Jeroan Stasiun Luar Angkasa China, Bisa Beroperasi 15 Tahun

Foto/Wikipedia

Modul inti Tianhe, yang dikirim ke orbit pada April 2021, adalah pusat komando dan manajemen stasiun luar angkasa. Modul ini menyediakan propulsi untuk mempertahankan orbit kompleks dan mengontrol kondisi kerja internalnya.

Dengan panjang 16,6 meter, diameter maksimum 4,2 meter, dan berat lepas landas 22,5 ton, modul inti Tianhe adalah pesawat ruang angkasa terbesar yang pernah dikembangkan China. Dengan ruang layak huni sekitar 50 meter kubik, itu berfungsi sebagai tempat tinggal utama para astronot dan melakukan eksperimen ilmiah.

Sebanyak enam astronot China dalam dua misi terpisah telah tinggal dan bekerja di modul inti Tianhe dan kembali ke Bumi dengan selamat. Modul ini juga memiliki pintu keluar bagi astronot untuk melakukan kegiatan ekstravehicular.

Baca juga; Shenzhou 12 China Bersiap Angkut Astronot ke Stasiun Luar Angkasa Tianhe

Tiga anggota kru Shenzhou-12 adalah yang pertama memasuki Tianhe, mereka menghabiskan tiga bulan dari Juni hingga September tahun lalu. Kemudian kru Shenzhou-13 tiba di modul inti pada Oktober 2021 dan kembali ke Bumi pada April 2022, menetapkan rekor durasi penerbangan luar angkasa manusia nasional baru 182 hari.

Modul inti memiliki dua port tempat berlabuh yang dapat terhubung dengan dua modul lab dan tiga port dok untuk setiap kapal kargo, pesawat ruang angkasa berawak, dan pesawat ruang angkasa lainnya.

Modul Lab Wentian
Begini Bentuk dan Jeroan Stasiun Luar Angkasa China, Bisa Beroperasi 15 Tahun

Foto/news.cgtn

Kedua modul lab serupa dengan modul inti dalam hal panjang, ukuran, dan berat, dengan detail yang lebih spesifik yang belum diungkapkan. Kabin Wentian terutama untuk studi tentang ilmu kehidupan luar angkasa.

Dilengkapi dengan lemari percobaan yang dapat mendukung percobaan tentang kehidupan dan ekologi, bioteknologi, serta studi perbandingan mekanisme pertumbuhan biologis di bawah berbagai kondisi gravitasi.

Lemari percobaan dapat digunakan untuk mempelajari pertumbuhan, perkembangan, hereditas dan penuaan tanaman, hewan dan mikroorganisme di luar angkasa, serta penelitian tentang ekosistem tertutup.

Eksperimen biologis multi-level pada molekul, sel, jaringan, dan organ dapat dilakukan, berkat berbagai metode deteksi, seperti cahaya tampak, fluoresensi, dan pencitraan mikroskopis, yang dimungkinkan oleh fasilitas ilmiah di kabin.

Modul Lab Mengtian
Begini Bentuk dan Jeroan Stasiun Luar Angkasa China, Bisa Beroperasi 15 Tahun

Foto/chinadaily

Modul lab Mengtian fungsi utamanya untuk penelitian ilmiah gayaberat mikro. Modul ini dilengkapi dengan lemari percobaan untuk eksperimen dalam berbagai disiplin ilmu, seperti fisika cairan, ilmu material, ilmu pembakaran, fisika dasar dan teknologi kedirgantaraan.

Jam atom dingin berbasis ruang angkasa pertama di dunia, yang terdiri dari jam hidrogen, jam rubidium, dan jam optik, akan dipasang di Mengtian. Mereka akan membentuk sistem frekuensi dan waktu dengan stabilitas dan akurasi frekuensi tertinggi di ruang angkasa, yang akan melayani penelitian ilmiah perbatasan seperti pergeseran merah gravitasi dan pengukuran konstanta struktur halus.

Dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional akan pensiun di tahun-tahun mendatang, stasiun luar angkasa China akan menjadi satu-satunya yang tersisa dalam pelayanan. Pejabat dari Administrasi Luar Angkasa Nasional China telah menyatakan kesediaannya untuk kerjasama internasional dan untuk astronot non-China untuk berpartisipasi dalam misi stasiun ruang angkasa masa depan negara itu.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1319 seconds (11.210#12.26)