5 Hewan Mamalia yang Sudah Punah, Nomor 2 Sangat Populer

Minggu, 12 Juni 2022 - 11:44 WIB
loading...
5 Hewan Mamalia yang Sudah Punah, Nomor 2 Sangat Populer
Sejumlah hewan mamalia sudah punah akibat faktor alam dan perburuan besar-besaran oleh manusia. Foto/wikicommons/onekindplanet
A A A
JAKARTA - Sejumlah hewan mamalia sudah punah akibat faktor alam dan perburuan besar-besaran oleh manusia. Faktor alam yang menyebabkan hewan mamalia punah di antaranya akibat pemanasan atau pendinginan iklim dan perubahan permukaan laut.

Pada zaman yang lebih modern, aktivitas manusialah yang harus disalahkan akibat kepunahan sejumlah hewan. Perusakan habitat karena perluasan lahan pertanian dan penebangan hutan juga jadi penyebab utama kepunahan modern. Berikut 5 hewan mamalia yang sudah punah dirangkum SINDOnews dari laman onekindplanet, Minggu (12/6/2022).

1. Kucing Bergigi Pedang
5 Hewan Mamalia yang Sudah Punah, Nomor 2 Sangat Populer

Kucing Bergigi Pedang. Foto/wikicommons

Kucing bergigi pedang sering disebut Harimau Bergigi Sabre atau Singa Bergigi Sabre. Spesies ini ada 55 juta hingga 11.700 tahun yang lalu. Diyakini kepunahan Kucing bergigi pedan terkait dengan penurunan dan kepunahan herbivora besar yang mereka buru. Penjelasan lain termasuk perubahan iklim dan persaingan dengan manusia.

Kucing bergigi pedang adalah karnivora yang dinamai dengan gigi taring yang memanjang seperti pisau, yang pada beberapa spesies panjangnya mencapai 50cm. Bentuk tubuh kucing bergigi pedang seperti beruang dan diyakini sebagai pemburu yang hebat. Mereka mampu berburu sloth dan mammoth. Kucing-kucing ini dapat membuka rahang mereka pada sudut 120 derajat – hampir dua kali lebih lebar dari singa modern!

Baca juga; Diperkirakan Tersisa 10.000 Ekor, Masa Depan Panda Merah Terancam Punah

2. Mammoth Berbulu
5 Hewan Mamalia yang Sudah Punah, Nomor 2 Sangat Populer

Mammoth berbulu. Foto/wikicommons

Mamalia yang sangat besar ini, diyakini berkerabat dekat dengan gajah modern. Nenek moyangnya bermigrasi keluar dari Afrika sekitar 3,5 juta tahun yang lalu, menyebar ke seluruh Eurasia utara dan Amerika Utara. Mammoth tingginya lebih dari 4 meter dan beratnya bisa lebih dari 6 ton. Mereka ditutupi bulu dan taring melengkung mereka bisa dengan mudah mencapai panjang 5 meter!

Woolly Mammoth akhirnya menghilang 10.000 tahun yang lalu melalui kombinasi perburuan oleh manusia dan hilangnya habitatnya melalui perubahan iklim. Populasi mammoth berbulu terakhir yang terisolasi diyakini telah menghilang dari Pulau Wrangel di Samudra Arktik sekitar tahun 1700 SM.

Baca juga; 5 Kuburan Mammoth Berusia 200.000 Tahun Ditemukan di Inggris
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1499 seconds (10.101#12.26)