5 Hewan Mamalia yang Sudah Punah, Nomor 2 Sangat Populer

Minggu, 12 Juni 2022 - 11:44 WIB
loading...
A A A
3. Burung Dodo
5 Hewan Mamalia yang Sudah Punah, Nomor 2 Sangat Populer

Burung Dodo. Foto/onekindplanet

Dodo merupakan spesies burung yang menghuni Mauritius dan sudah lama punah. Penampakan Dodo terakhir yang diterima secara luas adalah pada tahun 1662. Pelaut Belanda pertama kali mencatat penyebutan dodo pada tahun 1598.

Satu-satunya catatan yang kami miliki tentang penampilan Dodo adalah melalui berbagai ilustrasi dan catatan tertulis dari abad ke-17 sehingga penampilan persisnya tetap belum terselesaikan. Dodo tingginya sekitar satu meter dan beratnya mungkin 10–18 kg.

Diduga burung tersebut tidak dapat terbang karena ketersediaan sumber makanan (biji, akar dan buah yang jatuh) yang melimpah dan relatif tidak adanya predator. Burung Dodo diburu hingga punah oleh pelaut dan dan spesies invasif.



4. Sapi Laut Steller
5 Hewan Mamalia yang Sudah Punah, Nomor 2 Sangat Populer

Sapi Laut Steller. Foto/wikicommons

Stellers Sea Cow atau sapi laut Steller adalah mamalia herbivora besar. Sapi laut ini mendapatkan nama resmi setelah George Steller, seorang naturalis menemukannya pada tahun 1741. Dipercaya bahwa Sapi Laut Stellers yang tumbuh setidaknya 8-9 meter dan berat sekitar 8-10 ton, menghuni Near Islands, barat daya Alaska dan Kepulauan Komandan di Laut Bering.

Mamalia ini diyakini merupakan hewan jinak dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan rumput laut. Fakta ini, menunjukkan dia tidak dapat menenggelamkan tubuhnya yang besar, mungkin yang membuatnya rentan terhadap pemburu manusia. Dalam 27 tahun penemuan oleh orang Eropa, Sapi Laut Steller diburu hingga punah.



5. Harimau Tasmania
5 Hewan Mamalia yang Sudah Punah, Nomor 2 Sangat Populer

Harimau Tasmania. Foto/Smithsonian Institute Archives
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)