Ini Teleskop Sky Eye Milik China yang Menangkap Sinyal Alien

Kamis, 16 Juni 2022 - 13:44 WIB
loading...
Ini Teleskop Sky Eye Milik China yang Menangkap Sinyal Alien
Sky Eye merupakan teleskop radio terbesar di dunia yang mempunyai nama resmi Five-hundred-meter Aperture Spherical radio Telescope (FAST). Foto/phys
A A A
BEIJING - China mengklaim telah menangkap sinyal jejak dari peradaban alien yang jauh melalui teleskop "Sky Eye" atau Mata Langit, yang berukuran sangat besar. Sky Eye merupakan teleskop radio terbesar di dunia yang mempunyai nama resmi Five-hundred-meter Aperture Spherical radio Telescope (FAST) .

Sky Eye mulai bekerja memindai luar angkasa untuk mencari sinyal radio yang dapat mengindikasikan kehidupan di luar bumi pada tahun 2019 dan mulai menyaring data itu pada tahun 2020. Para peneliti mengatakan, melihat dua pita sempit yang mencurigakan, itu merupakan sinyal radio.

Kemudian, pada tahun 2022, survei yang ditargetkan terhadap planet ekstrasurya yang diketahui menemukan sinyal radio pita sempit aneh lainnya, sehingga jumlahnya menjadi tiga. Karena sinyalnya adalah gelombang radio pita sempit yang biasanya hanya digunakan oleh pesawat dan satelit manusia, sinyal tersebut bisa saja dihasilkan oleh teknologi alien.



Namun, para ilmuwan mengatakan temuan mereka masih awal dan harus diteliti dengan hati-hati sampai analisis selesai. ”Ini adalah beberapa sinyal elektromagnetik pita sempit yang berbeda dari masa lalu, dan tim saat ini sedang mengerjakan penyelidikan lebih lanjut,” kata Zhang Tongjie, Kepala Ilmuwan di China Extraterrestrial Civilization Research Group di Beijing Normal University, kepada Science and Technology Daily dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (16/6/2022).

Astronom China ingin mengesampingkan interferensi radio karena telah terkenal menghalangi ilmuwan pemburu alien di masa lalu. Pada 2019, para astronom melihat sinyal yang dipancarkan ke Bumi dari Proxima Centauri, sistem bintang terdekat dengan matahari kita (berjarak sekitar 4,2 tahun cahaya) dan rumah bagi setidaknya satu planet yang berpotensi layak huni.

Sinyal itu adalah gelombang radio pita sempit yang biasanya diasosiasikan dengan benda-benda buatan manusia, yang membuat para ilmuwan menduga kemungkinan itu berasal dari teknologi alien. Live Science sebelumnya melaporkan, studi baru yang dirilis dua tahun kemudian, bagaimanapun, menunjukkan bahwa sinyal itu kemungkinan besar dihasilkan oleh teknologi manusia yang tidak berfungsi.



Demikian pula, rangkaian sinyal terkenal lainnya yang pernah diduga berasal dari alien, terdeteksi antara 2011 dan 2014. Ternyata sebenarnya dibuat oleh para ilmuwan yang memanaskan makan siang mereka dengan microwave.

Untuk itu, Tonjie menambahkan, timnya berencana untuk melakukan pengamatan berulang terhadap sinyal aneh untuk secara meyakinkan mengesampingkan gangguan radio dan memperoleh informasi sebanyak mungkin tentang mereka. “Kami berharap [teleskop FAST] menjadi yang pertama menemukan dan mengkonfirmasi keberadaan peradaban luar angkasa,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)