Ini 5 Hewan Hasil Kloning, Nomor Terakhir Bisa Jadi Juara

Selasa, 21 Juni 2022 - 12:38 WIB
loading...
Ini 5 Hewan Hasil Kloning, Nomor Terakhir Bisa Jadi Juara
Sedikitnya ada lima hewan hasil kloning yang bisa diketahui. Foto DOK SINDOnews
JAKARTA - Sedikitnya ada lima hewan hasil kloning yang bisa diketahui. Munculnya Hewan hasil kloning ini disebabkan oleh teknik yang bisa menghasilkan salinan hewan yang tidak dapat dibedakan secara genetik . Artinya, hewan kloning merupakan duplikat sama persis dari induknya, atau memiliki DNA yang sama.

Melansir dari sciencedirect.com, sejauh ini sudah beberapa hewan seperti sapi, babi, kelinci, domba, dan kambing yang telah dikloning dengan menggunakan transfer sel.

Baca juga : Hewan-hewan dengan Ritual Seks yang Bikin Dahi Berkerut

Upaya melakukan proses kloning ini merupakan hal yang sulit. Tidak semua percobaan kloning bisa berhasil. Terkadang keberhasilan kloning ini bisa didapat setelah ratusan atau ribuan kali proses.



Berikut lima hewan hasil kloning yang pernah tercipta :

1. Domba

Semua orang mungkin sudah banyak yang mengenal hewan hasil kloning ini. Ya, Domba yang diberi nama Dolly. Dia merupakan mamalia pertama hasil kloning sel dewasa. Para ilmuwan Roslin Institute telah mengembangkan cara duplikasi sel domba dewasa berusia enam tahun.

Akhirnya ilmuwan genetika telah berhasil mengkloning seekor domba bernama Dolly. Hasil ini sangat mirip dengan anatomi maupun genetika dengan domba domba lain. Dolly lahir pada 1996 dan memiliki keturunan secara normal.

Ini membuktikan bahwa hewan kloning juga bisa bereproduksi dengan normal. Pada 2003 Dolly mati karena tumor paru paru. Penyakit ini umum diderita domba dewasa yang dibesarkan di dalam ruangan.
halaman ke-1
KOMENTAR ANDA