Ini 5 Hewan Hasil Kloning, Nomor Terakhir Bisa Jadi Juara

Selasa, 21 Juni 2022 - 12:38 WIB
Setelah munculnya Dolly, dunia penelitian mulai disibukkan dengan banyaknya ilmuwan yang menciptakan hewan kloning lainnya.

Pada tahun 2000, PPL Therapeutics, perusahaan yang bekerjasama dengan The Roslin Institute untuk mengkloning domba Dolly, mengumumkan bahwa mereka telah mengkloning lima anak babi betina dari sel babi dewasa. Anak babi tersebut diberi nama Millie, Christa, Carrel, Dotcom dan Alexis.

Baca juga : Ungkap Hewan-hewan Misterius di Amazon, Ilmuwan Pasang 57.000 Kamera

3. Anjing

Snuppy merupakan anjing kloning pertama. Anjing ini dilakukan oleh para peneliti di Korea Selatan. Anak anjing itu lahir pada 24 April 2005. Dia dikloning dari sel kulit dewasa yang diambil dari anjing Afghan, menurut penelitian tersebut.

Snuppy adalah satu-satunya yang selamat setelah 1.095 embrio anjing ditanamkan ke dalam 123 anjing induk pengganti, yang menyebabkan hanya dua kelahiran (anak anjing lainnya mati beberapa minggu kemudian). Pada 2008, Snuppy menjadi ayah dari anak-anaknya sendiri.

4. Rusa

Para peneliti di Texas A&M juga mengkloning hewan, berupa rusa berekor putih, yang dijuluki Dewey, pada 2003. Dewey lahir dari ibu pengganti bernama Sweet Pea pada 23 Mei 2003, dan di kloning dari sel kulit yang diambil dari rusa berekor putih yang sudah mati.

5. Kuda

Pada tahun 2003, para peneliti di Italia mengkloning seekor kuda betina, yang mereka beri nama Prometea. Menariknya, kuda betina yang melahirkan Prometea juga merupakan donor materi genetik.