Sisi Misterius Cleopatra, Bukan Kecantikan tapi Kecerdasan bak Ilmuwan

Rabu, 22 Juni 2022 - 06:00 WIB
loading...
Sisi Misterius Cleopatra, Bukan Kecantikan tapi Kecerdasan bak Ilmuwan
Kecantikan Cleopatra (kiri) bukan satu-satunya hal yang membuat Jenderal Kerajaan Romawi Mark Anthony jatuh hati. Foto/IST
JAKARTA - Cleopatra dikenal sebagai Ratu Mesir cantik dengan kisah asmara tragis nan manipulatif yang mendunia. Tapi di balik itu semua ternyata Cleopatra memiliki kecerdasan seorang ilmuwan.

Tidak bisa dipungkiri, perjalanan cinta Cleopatra dengan dengan tokoh-tokoh fenomenal Kerajaan Romawi yakni Julius Caesar dan Mark Anthony memang lebih banyak diketahui masyarakat. Kisah cinta yang tragis sekaligus manipulatif itu tentu lebih menarik perhatian semua orang. Apalagi Cleopatra digambarkan sebagai seorang ratu dengan kecantikan yang mampu membius semua orang.

Padahal ada sisi lain dari Ratu Mesir itu yang justru sangat menakjubkan. Dalam buku "Egyptology: The Missing Millennium. Ancient Egypt in Medieval Arabic Writings" yang ditulis oleh Dr Okasha El Daly, Cleopatra justru adalah seorang ilmuwan dengan pengetahuan yang mengagumkan.

Hal itu didasarkan pada laporan-laporan yang ditulis oleh para penulis Arab yang datang ke Mesir saat Cleopatra berkuasa. "Dia disebutkan memiliki kontribusi yang luar biasa di bidang kimia, pengobatan dan matematika. Dia digambarkan pernah memimpin seminar yang dihadiri oleh para ilmuwan dari berbagai bidang," ucap Dr Okasha El Daly.



Dia bahkan mengutip laporan yang ditulis oleh sejarawan dan petualang Arab terkenal, Al-Mas'udi yang mengatakan Cleopatra adalah orang yang sangat bijak dan filosofis. "Dia mengakat derajat para sarjana dan menikmati kebersamaan dengan mereka. Dia juga menulis buku tentang obat-obatan, jimat dan kosmetik di samping banyak buku lain yang mempraktikkan kedokteran," tulis Al-Mas'udi dikutip dari Real Clear Science.

Baca juga : Air Radiator Penuh tapi Mesin Panas, Yuk Segera Cek Bagian Ini

Sisi Misterius Cleopatra, Bukan Kecantikan tapi Kecerdasan bak Ilmuwan


Kecerdasannya itu juga terlihat saat Cleopatra mati bunuh diri. Ada dua versi yang muncul dari peristiwa tragis itu. Pertama, Cleopatra membiarkan seekor ular kobra mesir menggigit payudaranya.

"Berdasarkan observasinya, dia meyakini gigitan ular kobra mesir di bagian payudara tidak akan membuatnya mati kesakitan," tulis Sam Kean dalam buku berjudul The Icepick Surgeon: Dastardly Deeds Perpetrated in the Name of Science.
halaman ke-1
KOMENTAR ANDA