Kecepatan Cahaya 300.000 Km per Detik, Begini Cara Ilmuwan Mengukurnya

Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:00 WIB
loading...
Kecepatan Cahaya 300.000 Km per Detik, Begini Cara Ilmuwan Mengukurnya
Kecepatan cahaya disimbolkan dengan c adalah sebuah konstanta fisika universal yang penting dengan nilai presisinya adalah 299.792.458 Meter per Detik. Foto/Science Howstuffworks
A A A
JAKARTA - Laju cahaya atau kecepatan cahaya disimbolkan dengan c adalah sebuah konstanta fisika universal yang penting dalam banyak bidang fisika . Nilai presisinya adalah 299.792.458 Meter per Detik, namun sering dibulatkan menjadi 300.000 Kilometer per Detik.

Pengukuran kecepatan cahaya pertama yang berhasil, dikutip dari laman math.ucr.edu, dilakukan oleh seorang astronom asal Denmark Olaus Roemer pada tahun 1676. Dia memperhatikan bahwa, geometri Bumi-Matahari-Jupiter, mungkin ada perbedaan hingga 1.000 detik antara perkiraan waktu gerhana bulan-bulan Yupiter, dan waktu sebenarnya ketika gerhana diamati.

Dia dengan tepat menduga bahwa ini disebabkan oleh lamanya waktu yang dibutuhkan cahaya untuk melakukan perjalanan dari Jupiter ke Bumi karena jarak antara kedua planet ini bervariasi. Dia memperoleh nilai c (kecepatan cahaya) setara dengan 214.000 Kilometer per Detik, yang saat itu sangat mendekati karena jarak planet pada waktu itu belum diketahui secara akurat.



Pada tahun 1728 astronom Inggris James Bradley membuat perkiraan lain dengan mengamati aberasi bintang, yaitu perpindahan bintang yang tampak karena gerakan Bumi mengelilingi Matahari. Dia mengamati sebuah bintang di Draco dan menemukan bahwa posisinya berubah sepanjang tahun. Bradley mengukur sudut ini untuk cahaya bintang, dan mengetahui kecepatan Bumi mengelilingi Matahari, dan menemukan nilai kecepatan cahaya adalah 301.000 Kilometer per Detik.

Pengukuran kcepatan cahaya pertama yang tidak menggunakan benda langit dilakukan oleh fisikawan Prancis Armand Fizeau pada tahun 1849. Dia menggunakan seberkas cahaya yang dipantulkan dari cermin yang berjarak 8 Kilometer. Sinar itu ditujukan pada gigi roda yang berputar cepat.

Kecepatan roda ditingkatkan hingga gerakannya sedemikian rupa sehingga lintasan dua arah cahaya bertepatan dengan pergerakan keliling roda satu gigi. Dengan cara ini memberikan nilai untuk kecepatan cahaya 315.000 Kilometer per Detik.



Setahun kemudian, fisikawan Prancis lainnya, Leon Foucault meningkatkan hasil ini menggunakan cermin berputar, yang memberikan nilai lebih akurat yaitu 298.000 Kilometer per Detik. Tekniknya cukup baik untuk memastikan bahwa cahaya merambat lebih lambat di dalam air daripada di udara.

Setelah matematikawan asal Skotlandia James Clerk Maxwell menerbitkan teori tentang elektromagnetisme pada tahun 1865, menjadi mungkin untuk menghitung kecepatan cahaya secara tidak langsung dengan mengukur permeabilitas magnetik dan permitivitas listrik ruang bebas.
Kecepatan Cahaya 300.000 Km per Detik, Begini Cara Ilmuwan Mengukurnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3585 seconds (0.1#10.140)