3 Peninggalan Islam di China, Nomor 2 Masjid Tertua di Dunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 13:07 WIB
loading...
3 Peninggalan Islam di China, Nomor 2 Masjid Tertua di Dunia
Sedikitnya ada tiga peninggalan islam di China yang bisa diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga peninggalan islam di China yang bisa diketahui. Hal ini dibuktikan dengan adanya umat Hui dan Uighur yang berbaur dengan masyarakat suku Han.

China merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah perkembangan muslim di dalamnya. Terdapat beberapa pendapat bagaimana munculnya agama islam di China. Sejak berabad-abad lalu, agama Islam memang sudah masuk di negeri China. Pada masa itu juga banyak peninggalan bersejarah perkembangan islam di China, salah satunya masjid tua yang telah berumur ratusan tahun.

Baca juga : PCINU China: Umat Islam Jangan Terprovokasi Isu Penghancuran Masjid di Xinjiang

Berikut tiga peniggalan islam di China :

1. Masjid Qingjing

Melansir dari top china travel, Masjid ini memiliki arti Murni dan Bersih. Masjid yang dibangun pada tahun 1009 berlokasi di Jalan Tumen Kota Quanzhou, Fujian, China. Dengan luas 2.500 meter persegi (27.000 kaki persegi).

Masjid ini dilengkapi dengan gerbang, Aula Fengtian, dan Aula Mingshan. Menghadap ke selatan, gerbang terbuat dari diabase & granit putih dan terdiri dari empat lengkungan siam. Lapisan luar dan tengah mirip dengan langit-langit caisson dalam arsitektur kuno Tiongkok. Lapisan dalam berkubah mengambil gaya arsitektur Arab kuno.

Dibangun pada tahun 1009, masjid bergaya Arab ini adalah salah satu yang tertua di Cina. Sepanjang Dinasti Song (960-1279), Kota Quanzhou adalah salah satu pelabuhan utama perdagangan luar negeri dan menarik banyak orang Arab. Masjid, yang dibangun dan diperbaiki oleh Muslim Arab, mencerminkan persahabatan dan pertukaran budaya antara Cina dan negara-negara Arab.

2. Masjid Huaisheng

Masjid Huaisheng ini dibangun pada masa Dinasti Tang sekitar tahun 619-907, ketika para pedagang Muslim datang ke China. Kontak awal Islam dengan Cina terjadi di daerah ini, kemudian menyebar ke daerah lain. Dengan demikian Guangzhou dapat disebut sebagai tempat lahirnya Islam Cina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)