NASA Siapkan Peluncuran Misi Bulan Artemis 1 Akhir Agustus

Senin, 27 Juni 2022 - 15:51 WIB
loading...
NASA Siapkan Peluncuran Misi Bulan Artemis 1 Akhir Agustus
Setelah sukses menjalani pegujian pengisian bahan bakar, NASA berharap misi peluncuran ke Bulan Artemis 1 dapat diluncurkan pada akhir Agustus. Foto/NASAs Exploration Ground Systems via Twitter
A A A
FLORIDA - Setelah sukses menjalani pegujian pengisian bahan bakar, NASA berharap misi peluncuran ke Bulan Artemis 1 dapat diluncurkan pada akhir Agustus. Saat ini roket Space Launch System (SLS) yang dilapisi kapsul Orion menjalani perbaikan dan persiapan di Vehicle Assembly Building (VAB), Kennedy Space Center (KSC) NASA di Florida pada 1 Juli 2022.

Artemis 1, peluncuran pertama untuk SLS, akan mengirim Orion tanpa awak pada misi sekitar sebulan mengelilingi bulan. Misi tersebut telah mengalami beberapa penundaan, dan yang terbaru sertifikasi roket untuk terbang telah ditahan oleh tes pengisian bahan bakar yang tidak lengkap.

Misi Artemis 1 pertama kali digulirkan dari VAB ke KSC's Pad 39B pada pertengahan Maret, untuk persiapan latihan pakaian basah yang dimulai pada 1 April 2022. Namun tiga upaya terpisah untuk mengisi SLS dengan propelan kriogenik selama upaya itu gagal, dan mengirim kembali ke VAB untuk perbaikan pada 25 April.



Percobaan pengisian bahan bakar terbaru, yang selesai pada Senin (20 Juni), tidak berjalan sempurna, tetapi NASA menganggapnya cukup baik untuk melanjutkan persiapan peluncuran. Operator dapat mengisi bahan bakar SLS sepenuhnya untuk pertama kalinya, membawa simulasi peluncuran lebih jauh daripada upaya apa pun di bulan April.

Kebocoran dari jalur "umbilical" sistem pendingin mesin tahap inti terdeteksi selama tes pengisian bahan bakar hari. Namun, manajer misi menentukan bahwa penyimpangan itu tidak menimbulkan risiko keselamatan dan dilanjutkan dengan hitungan terminal simulasi.

"Pada titik ini, kami telah menentukan bahwa kami telah berhasil menyelesaikan evaluasi dan pekerjaan yang diperlukan yang kami ingin selesaikan untuk gladi bersih," kata Tom Whitmeyer, wakil administrator asosiasi untuk Common Exploration Systems di markas NASA, dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Senin (27/6/2022).



Ada juga satu teknisi pengujian lagi yang perlu dilakukan di pad, yaitu hot-firing the hydraulic power unit (HBU), bagian dari solid rocket booster SLS. Pada awalnya merupakan bagian dari wet dress countdown tetapi dihilangkan saat countdown dibatalkan.

Tes tersebut akan selesai pada hari Sabtu (25 Juni. Setelah uji api panas, operator kemudian akan menghabiskan akhir pekan untuk membongkar bahan bakar hidrazin HBU.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)