Katup Vetilasi Macet, NASA Hentikan Pengisian Bahan Bakar Roket Raksasa Artemis 1

Selasa, 05 April 2022 - 18:27 WIB
loading...
Katup Vetilasi Macet, NASA Hentikan Pengisian Bahan Bakar Roket Raksasa Artemis 1
Upaya kedua untuk pengisian bahan bakar untuk megaroket misi bulan Artemis 1 pada Senin 4 April 2022 karena katup ventilasi macet. Foto/NASA/Live Science
A A A
FLORIDA - Upaya kedua untuk pengisian bahan bakar untuk megaroket misi bulan Artemis 1 pada Senin 4 April 2022 karena katup ventilasi macet. Diketahui katup ventilasi yang macet berada di atas struktur peluncur bergerak yang mendukung roket Artemis 1 di Launch Pad 39B NASA's Kennedy Space Center, Florida.

"Karena [untuk] masalah katup ventilasi, direktur peluncuran telah membatalkan tes untuk hari itu. Tim sedang bersiap untuk menurunkan LOX (oksigen cair) dan akan mulai membahas seberapa cepat kendaraan dapat diputar untuk upaya berikutnya," Jeremy Parsons, wakil direktur NASA untuk sistem ground, menulis dalam pembaruan Twitter dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Selasa (5/4/2022).

Katup ventilasi yang macet berada di ketinggian 49 meter dari peluncur seluler, yang berfungsi sebagai platform gantry dan peluncuran untuk SLS. Upaya pengisian bahan bakar ini merupakan upaya kedua untuk mengisi tahap inti roket SLS setinggi 98 meter. Roket Artemis 1 diisi dengan 2,6 juta liter oksigen cair super-dingin dan propelan hidrogen cair.



Sebelumnya, NASA mencoba untuk mengisi bahan bakar roket Artemis 1 pada Minggu 3 April 2022, tetapi berhenti sebelum pemuatan propelan dimulai karena masalah pada tekanan peluncur bergerak yang membuat gas berbahaya keluar dari area tertutup tempat teknisi bekerja. Pada hari Senin, teknisi telah memuat sekitar 50% oksigen cair yang dibutuhkan untuk tes pengisian bahan bakar sebelum ditunda.

Tidak jelas apakah NASA akan mencoba kembali upaya pengisian bahan bakar ketiga pada Selasa 5 April 2022 atau harus mundur untuk mengisi kembali pasokan propelan dan memberi waktu bagi awak landasan dan pengontrol peluncuran untuk beristirahat. Sementara itu, sebuah misi pribadi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional sedang menunggu waktunya untuk terbang.

SpaceX bertujuan untuk meluncurkan empat astronot pribadi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada misi Ax-1 untuk perusahaan Houston, Axiom Space. Roket SpaceX Falcon 9 akan meluncurkan misi dari Pad 39A, yang terletak di dekat Pad 39B Artemis 1.



SpaceX dan Axiom Space awalnya berencana meluncurkan misi Ax-1 pada 3 April, tetapi diundur menjadi 6 April untuk memberi waktu NASA melakukan pengujian basah Artemis 1. Setelah penundaan pengisian bahan bakar Artemis 1 NASA pada hari Minggu, SpaceX mengubah peluncuran kembali hingga Jumat 8 April 2022.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)