5 Hewan yang Bisa Berkembang Biak Sendiri, Nomor 3 Semua Betina

Selasa, 28 Juni 2022 - 21:49 WIB
loading...
5 Hewan yang Bisa Berkembang Biak Sendiri, Nomor 3 Semua Betina
Sejumlah hewan bisa berkembang biak atau bereproduksi sendiri atau dikenal dengan aseksual. Reproduksi aseksual hanya membutuhkan satu organisme induk dan menghasilkan keturunan. Foto/eurekalert
A A A
JAKARTA - Sejumlah hewan bisa berkembang biak atau bereproduksi sendiri atau dikenal dengan aseksual. Reproduksi aseksual hanya membutuhkan satu organisme induk dan menghasilkan keturunan yang identik secara genetik (seperti klon).

Karena tidak ada pencampuran informasi genetik yang diperlukan dan organisme tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari pasangan, populasi dapat meningkat dengan cepat. Namun, ada sisi negatifnya, suatu organisme bereproduksi secara aseksual, memberikan kerentanan yang sama terhadap penyakit atau predator. Berikut 5 hewan yang bisa berkembangbiak sendiri dirangkum SINDOnews dari laman Treehugger, Selasa (28/6/2022).

1. Bintang Laut
5 Hewan yang Bisa Berkembang Biak Sendiri, Nomor 3 Semua Betina


Bintang laut memiliki kemampuan untuk bereproduksi secara seksual dan aseksual, tetapi dengan twist yang menarik. Reproduksi aseksual pada beberapa bintang laut dicapai melalui pembelahan, yang berarti hewan tersebut benar-benar membelah menjadi dua dan menghasilkan dua organisme lengkap.

Dalam beberapa kasus, bintang laut akan secara sukarela mematahkan salah satu lengannya dan kemudian menumbuhkan kembali bagian yang hilang sementara bagian yang patah itu tumbuh menjadi bintang laut lainnya. Dari sekitar 1.800 spesies bintang laut yang masih ada, hanya 24 spesies yang diketahui bereproduksi secara aseksual melalui pembelahan.



2. Udang Karang Marmer
5 Hewan yang Bisa Berkembang Biak Sendiri, Nomor 3 Semua Betina


Udang karang marmer pernah menjadi berita utama pada tahun 1995 ketika seorang pemilik akuarium Jerman menemukan spesies yang sebelumnya belum ditemukan dan mampu mengkloning dirinya sendiri. Keturunannya semuanya betina, menunjukkan bahwa udang karang baru ini bisa menjadi satu-satunya krustasea berkaki sepuluh dengan kemampuan untuk bereproduksi secara aseksual.

Baru-baru ini, pada tahun 2018, ketika para ilmuwan dapat mengurutkan DNA udang karang marmer baik dari toko hewan peliharaan Jerman tempat asalnya dan individu liar yang ditangkap di Madagaskar. Mereka juga memperkirakan bahwa lobster marmer liar yang invasif meningkat 100 kali lipat antara tahun 2007 dan 2017.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0868 seconds (0.1#10.140)