7 Asteroid Terbesar di Alam Semesta, No 6 Besarnya Sama dengan Negara Austria

Sabtu, 02 Juli 2022 - 17:21 WIB
loading...
7 Asteroid Terbesar di Alam Semesta, No 6 Besarnya Sama dengan Negara Austria
7 Asteroid Terbesar di Alam Semesta. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tujuh asteroid terbesar yang berada di alam semesta. Merujuk pada pengertiannya, asteroid merupakan benda langit berupa pecahan-pecahan kecil dan bergerak mengelilingi matahari.

Dalam jumlahnya, para ahli astronomi memperkirakan ada jutaan asteroid yang tersebar di angkasa. Beberapa diantaranya bahkan memiliki ukuran yang cukup fantastis. Bahkan, bisa mencapai ratusan kilometer.



Lantas, apa sajakah asteroid terbesar di alam semesta? Dilansir dari situs Starlust, berikut ulasannya.

1. Ceres

Ceres diketahui menjadi asteroid terbesar di alam semesta. Ukurannya dikatakan mencapai 583 mil atau sekitar 939 kilometer. Sebagai gambaran, ukuran asteroid ini diperkirakan sebesar Alaska, negara bagian di Amerika Serikat. Ceres sendiri menjadi berputar mengelilingi matahari sebanyak satu kali dalam 1.678 hari di Bumi.

Dalam hal ini, sebagian ilmuwan mengklasifikasikan Ceres sebagai planet kerdil. Hanya saja, banyak komunitas ilmiah yang menganggapnya sebagai asteroid.

2. Vesta

Selanjutnya ada Vesta. Jika dibandingkan dengan Ceres, mungkin ukuran asteroid ini lebih kecil. Namun, dengan ukuran sekitar 326 Mil atau 525 kilometer, Vesta masuk dalam jajaran asteroid terbesar. Penggambarannya, ukurannya diperkirakan seperti Texas atau Carolina Utara.

Dalam faktanya, Vesta kerap disebut sebagai asteroid yang cukup keren. Karena memiliki warna yang terang. Bahkan, terkadang bisa dilihat dengan telanjang mata pada malam hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)