7 Asteroid Terbesar di Alam Semesta, No 6 Besarnya Sama dengan Negara Austria

Sabtu, 02 Juli 2022 - 17:21 WIB
3. Pallas

Pada tahun 1902, asteroid ini sempat dianggap sebagai planet. Namun, setelahnya mulai muncul benda-benda kecil tersebut di langit, sehingga mereka mengklasifikasikannya sebagai asteroid.

Untuk besarannya, Pallas memiliki ukuran sekitar 318 mil atau 513 kilometer. Sebagai gambaran, ukurannya ini diperkirakan sebesar Inggris.

Pallas memiliki bidang orbit yang miring, sehingga pesawat luar angkasa cukup sulit menjangkaunya. Hal ini juga yang menyebabkan Dawn Spacecraft tidak mengunjungi asteroid tersebut.

4. Hygiea

Hygiea sempat dipertimbangkan untuk menjadi planet kerdil terkecil di tata surya. Meski ukurannya tidak sebesar asteroid lain, Hygiea cukup dengan mencapai keseimbangan hidrostatik yang menjadi faktor penting dalam perubahan statusnya menjadi planet kerdil.

Hygiea sendiri membutuhkan waktu lebih dari 27 jam untuk menyelesaikan satu putaran pada porosnya. Jika dibandingkan, waktu tersebut 20 jam lebih lama dari Pallas.

Ukuran asteroid Hygiea adalah 270 mil atau sekitar 444 kilometer.

5. Interamnia

Interamnia memiliki ukuran 196,7 mil atau sekitar 306 kilometer. Asteroid ini ditemukan pada 1910 oleh para astronom baru. Dalam penelitiannya, ada beberapa tanda Interamnia merupakan asteroid yang memiliki ukuran padat.