Harta Karun Paling Misterius di Kuburan Firaun Tutankhamun, Kondom Berminyak dari Linen

Rabu, 13 Juli 2022 - 06:30 WIB
loading...
Harta Karun Paling Misterius di Kuburan Firaun Tutankhamun, Kondom Berminyak dari Linen
Kondom ini tertinggal di kuburan Firaun Tutankhamun. Foto/Ancient Origins
A A A
JAKARTA - Penggalian kuburan Firaun Tutankhamun mengungkap banyak kejutan. Mulai dari emas dan barang-barang bernilai. Namun ada satu yang misterius, kondom berminyak dari linen.

Arkeolog Inggris, Howard Carter diketahui menemukan kuburan Firaun Tutankhamun pada 1992. Saat itu dia justru terpukau karena banyaknya harta berharga yang ditaruh di kuburan tersebut.

Disebutkan situs Ancient Origin total ada lebih dari 5.000 artifak yang ditemukan di kuburan tersebut. Mulai dari emas, perak, gading dan kayu hitam. Namun di antara seluruh harta itu yang paling misterius adalah kondom berminyak dari linen.

Kondom itu memang cukup unik. Berbeda dengan kondom yang ada saat ini, kondom milik Firaun Tutankhamun justru berupa sepertisarung yang terbuat dari linen halus. Kondom itu memiliki tali yang nantinya akan diikat di pinggang saat digunakan. Selain itu kondom juga sangat wangi karena direndam dalam minyak zaitun.

Baca juga : Taliban Gali Kuburan Toyota Corolla Milik Mullah Omar untuk Dimasukkan ke Museum

Harta Karun Paling Misterius di Kuburan Firaun Tutankhamun, Kondom Berminyak dari Linen


Akun Facebok Egypt Museum mengklaim bahwa kondom yang ditemukan di kuburan Tutankhamun merupakan yang tertua di dunia. Pasalnya kondom itu dibuat pada 1350 Sebelum Masehi (SM).

"Hanya saja belum diketahui apakah kondom itu memang digunakan untuk kegiatan seksual atau ritual belaka," tulis Egypt Museum di akun Facebook resmi mereka.

Baca juga : Gambar Rekayasa Toyota Crown Baru Beredar, Mobil Menteri kini Jadi Lebih Trendy

Sementara di sisi lain masih banyak arkeolog yang meragukan kondom itu benar-benar digunakan oleh Firaun Tutankhamun saat aktif-aktifnya secara seksual.

Mereka banyak menduga bahwa kondom itu justru dibutuhkan saat proses pembalsaman jenazah Firaun Tutankhamun. Alat vital sang raja Mesir itu tentu perlu ditutupi terlebih dulu sebelum seluruh tubuhnya selesai dibalsam.

Howard Carter sendiri tidak menyebutkan secara khusus temuan kondom itu dalam buku catatan miliknya. Dia justru lebih kaget dengan temuan lainnya di kuburan Firaun Tutankhamun yakni janin dua anak perempuan kembar dari Firaun Tutankhamun. Kedua janin itu justru dikuburkan bersama dengan Firaun Tutankhamun.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1853 seconds (11.252#12.26)