5 Foto Alam Semesta Pertama yang Direkam Teleskop James Webb, Semua Spektakuler

Rabu, 13 Juli 2022 - 14:27 WIB
loading...
5 Foto Alam Semesta Pertama yang Direkam Teleskop James Webb, Semua Spektakuler
Ditangkap dalam cahaya inframerah oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA yang baru, gambar ini mengungkapkan untuk pertama kalinya area kelahiran bintang yang sebelumnya tidak terlihat. Foto/NASA, ESA, CSA, dan STScI
A A A
FLORIDA - NASA telah merilis serangkaian gambar pertama dari Teleskop Luar Angkasa James Webb yang baru beroperasi. Teleskop paling kuat dalam sejarah mengungkapkan keajaiban alam semesta secara lebih rinci.

Foto-foto yang ditampilkan merekam bintang-bintang meledak dalam cahaya oranye dan biru yang spektakuler. Galaksi menggeliat dan menari di sekitar satu sama lain dalam jalinan debu dan bintang baru.

Sebuah planet asing berdenyut dengan kabut. Beberapa cahaya tertua di alam semesta yang diketahui, dipancarkan lebih dari 13 miliar tahun yang lalu, membelok di sekitar lubang gravitasi besar untuk bersinar di depan mata kita, sejernih siang hari.

"Setiap gambar adalah penemuan baru dan masing-masing akan memberikan pandangan kepada umat manusia tentang alam semesta yang belum pernah dilihat sebelumnya. Teleskop ini akan mampu menembus awan debu dan melihat cahaya dari sudut terjauh alam semesta," kata administrator NASA Bill Nelson dalam konferensi pers 12 Juli 2022 dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Rabu (13/7/2022).

Baca juga; Teleskop James Webb Rilis Foto Alam Semesta, Gedung Putih: Kita Hanya Setitik Pasir di Pantai

Berikut lima gambar objek menarik Teleskop James Webb yang dirilis NASA bersama dengan perwakilan dari Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Kanada.

1.Quintet Stephan, 5 Pesta Galaksi
5 Foto Alam Semesta Pertama yang Direkam Teleskop James Webb, Semua Spektakuler


Target pertama Teleskop James Webb adalah Stephan's Quintet, sekelompok lima galaksi yang terikat erat terletak 290 juta tahun cahaya di konstelasi Pegasus. Empat dari galaksi yang terjalin erat terus menerus menukik melewati satu sama lain dalam tarian berbahaya yang nyaris bertabrakan.

Gambar baru yang sangat tajam mengungkapkan bahwa dua galaksi sebenarnya sedang dalam proses penggabungan satu sama lain. Asam gas dan debu memanas di antara galaksi-galaksi yang bertabrakan, menghasilkan penciptaan bintang-bintang baru.

2. Nebula Carina, Ledakan Bayi Kosmik
5 Foto Alam Semesta Pertama yang Direkam Teleskop James Webb, Semua Spektakuler
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1545 seconds (11.97#12.26)